Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Di Kampung Sodrofoyo Distrik Sawiat

SHARE

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, Pemerintah Kota Sorong Selataan melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Sorong Selatan menggelar Kegiatan Sosialisai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Di Desa / Kampung  Sodrofooyo Distrik Sawiat, Jumat 22/07/2022.
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. 
Dasar hukum pembentukan KIM mengacu pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, PP No. 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah Kabupaten/kota, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 17 Tahun 2009 tentang Diseminasi informasi nasional oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah Kabupaten/kota, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No.08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang pedoman pengembangan dan pemberdayaan lembaga komunikasi sosial.
Sekretaris  Kominfo Kabupaten Sorong Selatan, Epy Rudolof Antoh. S.Sos  dalam Kegiatan tersebut menjelaskan bahwa dengan terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat disetiap Kampung maka penyerapan informasi dari masyarakat ke pemerintah dan begitu pula sebaliknya akan lebih mudah dan terarah serta harapan untuk mewujudkan masyarakat yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi untuk mencapai masyarakat informasi yang sejahtera akan terwujud. "Kami berharap nantinya KIM bisa menjadi wahana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat serta menjadi mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik." jelasnya.
Sementara itu, Kepala Seksi Komunikasi Publik ,  Robianus Thesia, menjelaskan bahwa kelompok informasi Masyarakan ( KIM ) sangat penting oleh sebab itu pada bulang agustus mendatang dinas komunikasi dan Inforfatika melalui bidang IKP melaksanakan kegiatan bimbingangan teknis bimtek bagi kelompok informasi Masyarakan ( KIM ),  mereka yang telah terbentuk dalam kelompok informasi masyarakat ini  wajib untuk ikut  dalam kegiatan bimtek tersebut sehingga dalam pelatihan para peserta  mengerti maksut dan fungsi KIM itu sendiri.  Jumlah satu kelompok informasi masyarakat terdiri 29 orang dari pembentukan model struktur organisasi KIM hingga pemberian nama kelompok masing-masing.

Begitu pula penyampain Pjs. Kepala Kampung Sodrofoyo, Kelopas Kaliele Mengapresiasi dan juga siap untuk memfasilitasi dan mengarahkan beberapa Pemuda pemudi dari kampung sodrofoyo untuk ikut serta dalam pelatihan/bimtek kelompok informasih masyarakat ( KIM ) berdasarkan permintaan  dalam kegiatan tersebubut, oleh karena itu pembentukan Kelompok informasi ini sangat penting dan akan membawa dampak positif bagi kaum intelektual muda di kampung sodrofoyo yang mana akan membantu pemerintah maupun Masyarakat dalam penyampain informasi terkait dengan perkembangan pembangunan di Kampung Sadrofoyo distrik sawiat kabupaten sorong selatan. 
Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri Oleh Sekretaris Distrik Sawiat Bapak Arius Kemesfle dan juga kelompok masyarakat yang mayoritas terdiri Pemuda dan Orang Tua yang belum tergabung dalam kelompok informasi masyarakat yang dimaksudkan dan beberapa orang Peserta dari jajaran Dinas kominfo Sorong Selatan. (Rec. Man_Diskominfo Sorsel)