Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Gubernur Lantik Bupati dan Wakil Bupati Sorong Selatan
Jumat, 25/03/2016 15:52 WIB

TEMINABUAN-Gubernur Provinsi Papua Barat Abraham Atururi melantik SamsudinAnggiluli, SE dan Drs.Marthinus Salamuk sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sorong Selatan (Sorsel) masa jabatan tahun 2016-2021 Kamis (24/3) lalu bertempat di Auditorium PKK Provinsi Papua Barat di Arfai, Manokwari. Pelantikan Samsudin Anggiluli sebagai Bupati Sorsel berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.92-980 Tahun 2016 tertanggal 15 Maret 2016 tentang Pengangkatan Bupati Sorong Selatan Provinsi Papua Barat. Sedangkan pelantikan Marthinus Salamuk sebagai Wakil Bupati Sorsel berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 132.92-981 Tahun 2016 tertanggal 15 Maret 2016 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Sorong Selatan Provinsi Papua Barat. Pelantikan Samsudin dan Marthinus sebagai Bupati-Wabup Sorsel bersamaan dengan pelantikan Mathias Mairuma dan Ismail Sirfefa sebagai Bupati-Wabup Kaimana serta Muhammad Uswanas dan Abraham Sopaheluwakan sebagai Bupati-Wabup Fakfak.
 Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Mendagri yang ditandatangani langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Selanjutnya pengucapan sumpah janji jabatan Bupati-Wabup yang akan dilantik dipandu langsung oleh Gubernur Abraham Atururi. Setelah itu penandatanganan berita acara pengucapan sumpah janji jabatan dan Pakta Integritas. Selanjutnya penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan Bupati dan Wabup serta penyerahan Keputusan Mendagri. Selanjutnya pelantikan yang ditandai pembacaan kata-kata pelantikan oleh Gubernur Abraham Atururi. Prosesi pelantikan berlangsung penuh hikmat dan lancar. Kebahagiaan keluarga Bupati dan Wabup serta massa pendukung menghiasi gedung Auditorium PKK setelah usai prosesi pelantikan. Penjabat Bupati Sorsel Derek Ampnir, S.Sos, MM; Kapolres Sorsel Kompol.H. Madun.P. Narwawan; Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1704 Sorong Mayor.Inf.Budi Hercahyono seta sejumlah Pimpinan SKPD ikut menghadiri acara pelantikan Bupati-Wabup Sorsel. Termasuk kepala suku serta tokoh masyarakat ikut hadir. Masyarakat Imekko menampilkan tarian yembo-yembo di dalam gedung sebagai rasa sukacita atas dilantiknya Bupati-Wabup Sorsel.
 Pada kesempatan tersebut Gubernur Abraham Atururi meminta Bupati dan Wakil Bupati yang barus saja dilantik mempunyai perilaku baik, adil dan jujur. Selain itu juga diharapkan perbedaan yang terjadi pada pilkada lalu diakhiri dan bersatu lagi membangun Kabupaten Sorong Selatan. (humas/julius)