Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Kaum Wanita Peringati Hari Kartini ke-138 Tahun
Rabu, 26/04/2017 08:00 WIB

TEMINABUAN-Sosok Raden Ajeng (RA) Kartini memiliki ketangguhan yang luar biasa. Pasalnya kebudayaan pada zaman itu kaum perempuan tidak mendapat kesempatan atau kebebasan untuk mengekspresikan diri sama seperti kaum laki-laki. Pada zaman itu budaya menghambat kaum perempuan untuk  berkembang. Perempuan tidak boleh keluar, tidak boleh menyejajarkan diri sama dengan laki-laki. Tetapi luar biasa dengan yang dilakukan RA Kartini, ia berjuang untuk memerdekakan kaumnya agar setara dengan laki-laki. Berkat perjuangan RA Kartini bangsa dan tanah air Indonesia kini sudah terdapat banyak perempuan yang menjadi pemimpin dan sama seperti kaum laki-laki. Sehubungan dengan keberadaan kaum perempuan ini, Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan bahwa Pemda Sorsel melalui isi dan misinya sudah ada poin tentang kesetaraan gender. Ini adalah tugas dan tanggung jawab dari kita semua untuk memberdayakan kaum perempuan yang ada di tanah ini, sehingga mereka dapat dilibatkan dalam berbagai sektor pelayanan yang ada. Demikian Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE kepada anggota organisasi wanita dan tamu undangan yang ikut dalam peringatan Hari Kartini ke-138 Tahun tingkat Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Jumat (21/4) lalu di Hotel Mratuwa Sesna.
 Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, hasil perjuangan Raden Ajeng RA) Kartini kini sudah terbukti dengan adanya banyak kaum perempuan yang sudah sejajar dengan kaum laki-laki dalam berbagai bidang karya dan karir. Bahkan mungkin sekarang kaum perempuan lebih banyak sukses dalam bidang karir dibandingkan dengan kaum laki-laki.  
 Sementara itu Ketua GOW Kabupaten Sorsel Ny. Dahlia Salamuk selaku penanggung jawab pelaksanaan HUT RA Kartini ke- 138 tahun di Kabupaten Sorsel mengungkapkan, tokoh perempuan RA Kartini dikenal sebagai perintis jalan kemajuan kaum perempuan Indonesia. Dari sekian kaum perempuan pada zamannya, Kartini dipandang berjasa besar bagi kaumnya. Maka itu saat ini kaum perempuan Indonesia selayaknya terus menyambung dan meneruskan cita-cita, untuk mewujudkan emansipasi yang telah diperjuangkan oleh R.A. Kartini.
“Saya menyampaikan kepada kita perempuan Indonesia dan khususnya perempuan Kabupaten Sorsel, mari kita terus memperjuangkan dan meneruskan cita-cita dari R.A. Kartini. Berkat perjuangan R.A. Kartini, sekarang kita kaum perempuan Indonesia terangkat derajat dan banyak yang telah menjadi sukses sama seperti kaum laki-laki dalam berbagai sektor kehidupan,” ujarnya.
 Acara perayaan HUT Kartini di Kabupaten Sorsel ini diwarnai dengan pemotongan tumpeng, tari-tarian dan pembacaan puisi, serta fasion show busana kebaya terbaik yang melibatkan ibu-ibu PNS golongan I dan II serta kaum perempuan dari kalangan masyarakat umum. Pada kesempatan ini pula, diberikan penghargaan berupa plakat R.A. Kartini Plt. Kepala BKD Sorsel, Petronela Krenak, S.Sos, Sekretaris Klasis GKI Teminabuan, Pdt. Diana Hetharia, S.Th, Hj. Rana Haji Rudin, Rukmawati dan Maria Thesia/ Kehek yang terpilih sebagai Perempuan Kartini Terbaik Kabupaten Sorsel Tahun 2017. Pada akhir acara dibagikan hadih kepada pemenang lomba merangkai bunga yang melibatkan seluruh organisasi perempuan beberapa waktu lalu, serta pembagian hadiah kepada pemenang fasion show busana kebaya terbaik.
 Hadir dalam peringatan HUT R.A. Kartini kemarin, Wakil Bupati Sorsel, Drs. Marthinus Salamuk, Sekda Dance Yulian Flassy, SE.M.Si, Ketua DPRD Jevries N. Kewetare, SP, Ketua TP-PKK Ny. Beatriks Anggiluli, SE, Ketua GOW Ny. Dahlia Salamuk, Ketua DWP Ny. Dance Flassy, utusan semua organisasi perempuan di Kabupaten Sorsel, para tokoh dan undangan lainnya. (humas/julius)

Berita Lainnya