Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Kapal Tol Laut Standar Internasional Masuk Teminabuan
Kamis, 18/05/2017 08:01 WIB

TEMINABUAN-Janji Presiden untuk menghubungkan wilayah nusantara dengan kapal tol laut benar-benar diwujudkan. Hal ini terbukti dengan masuknya KM Sabuk Nusantara 61 di Teminabuan Senin (15/5) lalu dan berlabuh di Pelabuhan Wersimar yang merupakan pelabuhan baru. Kehadiran kapal tol laut tersebut mendapat sambutan positif masyarakat dan Pemkab Sorong Selatan (Sorsel), terutama masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Sorsel. Apalagi tarif angkutan kapal tol laut tersebut sangat murah dan terjangkau oleh masyarakat. Sehubungan dengan itu Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE; Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk dan Ketua DPRD Sorsel Jevries Kewetare, SP berkunjung ke KM Sabuk Nusantara 61 Senin kemarin yang sedang berlabuh di dermaga Pelabuhan Wersimar, Teminabuan setelah pagi tadi tiba dari Inanwatan. Bupati Samsudin Anggiluli dan rombongan diterima oleh Nakhoda KM Sabuk Nusantara 61 Capt.Prayoga Budisusetyo dan anak buah kapal (ABK). Setelah berbincang-bincang sebentar, Bupati dan rombongan didampingi Nakhoda dan ABK KM Sabuk Nusantara melihat bagian kapal seperti cafeteria, dek penumpang, kamar mesin serta anjungan kapal dan palka.
 Nakhoda dan ABK memberikan penjelasan kepada Bupati Samsudin Anggiluli dan rombongan saat melihat setiap bagian kapal. Termasuk semua peralatan pengoperasian kapal yang ada di anjungan, seperti kemudi kapal, penunjuk arah perjalanan kapal GPS, alat untuk mengetahui kedalaman perairan, alat untuk mengetahui kecepatan serta arah angin, peralatan untuk meminta bantuan, kamera pengintai atau CCTV serta peralatan pendukung lainnya. Kapal tol laut KM Sabuk Nusantara 61 yang dioperasikan PT Luas Line tersebut merupakan produk terbaru dan memenuhi standar pelayaran internasional IMO. Bupati Samsudin Anggiluli sempat berbincang-bincang dengan masyarakat dari Inanwatan dan Kokoda yang menumpag KM Sabuk Nusantara ke Sorong. Rute KM Sabuk Nusantara yakni Sorong-Teminabuan-Inanwatan-Kokoda-Kokas dan kembali lagi dengan rute yang sama. Tarif angkutan KM Sabuk Nusantara 61 yakni Rp.25.000 dari pelabuhan satu ke pelabuhan lainnya.
 Sementara itu Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE  menjelaskan, masyarakat pesisir Kabupaten Sorsel di Inanwatan dan Kokoda kini sangat terbantu dengan hadirnya kapal tol laut KM Sabuk Nusantara 61 melayani warga. Hal tersebut merupakan perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat di daerah, tentunya merupakan kebijakan Presiden Republik Indonesia Jokowi. Untuk itulah kesempatan tersebut harus dimanfaatkan masyarakat dengan baik, sehingga kapal tol laut tersebut dapat melayani masyarakat dengan baik. Terutama dalam merawat serta menjaga kapal tol laut tersebut, sehingga masyarakat juga merasa nyaman menumpang KM Sabuk Nusantara 61. Kebersihan dan kenyamanan dalam kapal juga menjadi kewajiban masyarakat bersama anak buah kapal (ABK). Harga tiket yang sangat murah tersebut sangat membantu masyarakat, sehingga masyarakat dari wilayah pesisir bisa membawa hasil buminya di Teminabuan untuk dijual. Tarif kapal yang murah memungkinkan warga mendapatkan keuntungan dari penjualan hasil buminya.
 Bertempat di anjungan KM Sabuk Nusantara 61 Bupati Samsudin Anggiluli menegaskan, Pemkab Sorsel memberikan apresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Jokowi yang memerintahkan kapal tol laut masuk ke Teminabuan. Pemkab Sorsel telah meminta kapal putih atau kapal pelni masuk ke Teminabuan di Pelabuhan Wersimar sejak lama, namun tidak terealisasi hingga kapal tol laut masuk Teminabuan saat Jokowi menjabat Presiden RI. Kebijakan Presiden Jokowi yang pro rakyat ini patut mendapat dukungan rakyat untuk menjadi Presiden RI pada periode 2019-2024 mendatang. (humas/julius)

Berita Lainnya