Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Minta Gerakan PKK Dihidupkan dari Kampung
Senin, 22/05/2017 14:49 WIB

TEMINABUAN-Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE sebagai Ketua Pembina Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sorsel menjelaskan, pihaknya akan berupaya menghidupkan gerakan PKK di kampung dan distrik hingga tingkat kabupaten bersama-sama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sorsel. Dengan demikian TP-PKK akan benar-benar beraksi dalam mendukung berbagai program pembangunan pemerintah sesuai visi misi Kabupaten Sorsel. Mengingat TP-PKK memiliki peranan penting dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berbasis keluarga atau rumah tangga. Sehubungan dengan itu juga pihaknya meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan kerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Sorsel, karena TP-PKK mempunyai jaringan organisasi hingga ke tingkat kampung. Jadi program-program yang bersentuhan dengan masyarakat di kampug bisa dikerjasamakan dengan TP-PKK Kabupaten Sorsel. Perlu diketahui TP-PKK Pusat di Jakarta telah melaksanakan kerjasama dengan sejumlah kementrian teknis. Untuk itulah perlu ditindaklanjuti dengan kerjasama serupa di daerah. Demikian penegasan Bupati Samsudin Anggiluli saat peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Kamis (18/5) kemarin di Hotel Mratuwa Sesna.
 Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Sorsel Ny.Beatriks Anggiluli, SE
menjelaskan, pihaknya akan membentuk kelompok Dasa Wisma di semua kampung yang tersebar di 15 distik se-Kabupaten Sorong Selatan. Pembentukan kelompok Dasa Wisma tersebut dalam rangka menghidupkan gerakan PKK dari tingkat kampung, distrik hingga kabupaten. Selain itu juga kelompok Dasa Wisma dapat mendeteksi dengan baik persoalan yang terjadi dalam keluarga di kampung, apakah itu masalah yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan ataupun masalah lainnya. Kelompok Dasa Wisma yang dibentuk di kampung-kampung melibatkan semua masyarakat di kampung. Untuk itulah dalam waktu tidak terlalu TP-PKK Kabupaten Sorsel akan membentuk kelompok Dasa Wisma secara berjenjang bersama TP-PKK Distrik. “Kelompok Dasa Wisma sangat perlu kita (TP-PKK.red) bentuk. Jika sudah terbentuk kelompok Dasa Wisma di kampung-kampung, maka kita akan ketahui secara jelas angka kekurangan gizi dalam keluarga, berapa jumlah masyarakat yang tidak tahu membaca atau anak-anak yang tidak sekolah dan persoalan lain sebagainya,” tegasnya saat peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Kamis (18/5) lalu di Hotel Mratuwa Sesna.
 Dijelaskan Ketua TP-PKK Kabupaten Sorsel Ny.Beatriks Anggiluli, kelompok Dasa Wisma yang dibentuk di kampung-kampung berhubungan langsung dengan masyarakat di tingkat paling bawah yakni Rukun Tetangga maupun Rukun Warga (RW). Dengan demikian anggota Kelompok Dasa Wisma dapat mengetahui dengan tepat kondisi yang dialami setiap keluarga ataupun masyarakat di sekitar. Selanjutnya kelompok Dasa Wisma akan meneruskan informasi tentang kondisi di bawah secara berjenjang hingga ke TP-PKK Kabupaten Sorsel. Data-data yang diperoleh dari kelompok Dasa Wisma tersebut tentunya memudahkan PKK termasuk pemerintah daerah untuk menetapkan program-program pembangunan yang bersinggungan langsung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Secara nasional peringatan HKG PKK jatuh pada tanggal 4 Maret setiap tahunnya. Namun sesuai dengan situasi dan kondisi daerah, peringatan HKG PKK bisa bergeser tanggal atau bulannya, asalkan tidak boleh lewat dari bulan September tahun berjalan. Seperti di Kabupaten Sorsel, karena persiapannya belum matang, maka peringatan HKG PKK tahun ini baru dilaksanakan Kamis kemarin.
 Peringatan HKG PKK ke-45 berlangsung meriah diwarnai pemotongan kue Ulang Tahun yang terbuat dari bahan local yakni petatas dan kacang. Sebelum pemotongan kue oleh KetuaTP-PKK Kabupaten Sorsel Ny.Beatriks Anggiluli, SE dilakukan tiup lilin Ulang Tahun oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sorsel Ny.Beatriks Anggiluli, SE bersama perwakilan organisasi wanita di Kabupaten Sorsel. Pada kesempatan tersebut juga dibagi hadiah kepada pemenang lomba yang diadakan menyambut HKG PKK ke-45.
 Hadir mengikuti Peringatan HKG PKK ke-45 antara lain Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk; Perwira Penghubung Kodim 1704 Mayor Inf. Wilson Path, S.Sos; sejumlah Pimpinan SKPD; Ketua GOW Sorsel Ny.Dahlia Salamuk, seluruh organisasi perempuan di wilayah Sorsel dan undangan lainnya. (humas/julius)
 

Berita Lainnya