Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Kepala Kampung-Bendahara Dilatih Kelola Dana Desa
Kamis, 15/06/2017 13:41 WIB

TEMINABUAN- Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli,  SE menjelaskan, pemerintah pusat terus meningkatkan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan tujuan supaya masyarakat di desa atau kampung secara bertahap makin sejahtera dan desa dimaksud terus berkembang. Untuk itulah dana desa yang dikelola setiap desa atau kampong harus bisa mensejahterakan rakyat. Perubahan tingkat kesejahteraan masyarakat di kampung bisa terlihat dan terukur, paling tidak perubahan kesejahteraan tersebut terlihat dari pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat. “Dana desa setiap tahun bertambah dan kini mencapai Rp. 1 Milyar. Jika dana ini tidak bisa mensejahterakan rakyat, berarti bapak-ibu kepala kampung tidak bekerja dengan baik dan menggunakan hati. Paling tidak beberapa tahu mendatang semua rumah masyarakat sudah bagus-bagus,” tegasnya saat membuka Musyawarah Persiapan Pelaksanaan Alokasi Dana Desa/Kampung Tahun 2017 Senin baru-baru di Aula Distrik Teminabuan atau Gedung Putih yang diikuti kepala kampung dan bendahara kampong se-Kabupaten Sorsel.
 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli juga meminta kepala kampung dan bendahara kampung mengelola keuangan kampung sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku yakni Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa dan peraturan turunannya. Mengingat pengawasan pengelolaan dana sangat ketat dan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan kepolisian. Oleh karena itu dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan dana desa harus disertai dengan bukti yang jelas dan sesuai peruntukannya. Pemeriksaan penggunaan dana desa langsung sampai ke kepala kampung dan bendahara yang merupakan ujung tombak pemerintahan di tingkat bawah yang langsung berhadapan dengan masyarakat.
 Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk, Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Yohan Bodory, S.Sos; Kasat Reskrim Polres Sorsel Iptu Gelora Tarigan, SH; Kabag Pemerintahan Kampung dan Kelurahan Setda Sorsel Roby Tinopi, SH dan sejumlah pejabat lainnya. (humas/julius)