Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Lantik 376 Pejabat Eselon II, III dan IV
Kamis, 03/08/2017 08:58 WIB

TEMINABUAN-Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE mengukuhkan dan melantik sebanyak 376 pejabat eselon II, III dan IV Kamis (27/7) lalu di lapangan upacara kantor Bupati Sorsel. Pelantikan pejabat kali ini untuk melengkapi struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang selama ini kosong. Sekaligus merupakan pelantikan pejabat terbanyak sejak Kabupaten Sorsel terbentuk. Pejabat OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorsel yang dilantik terdiri dari Jabatan Pimpinan Tinggi (eselon II) sebanyak 3 orang, Jabatan Administrator (eselon III) sebanyak 125 orang dan Pejabat Pengawas (eselon IV) sebanyak 258 orang. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Bupati Sorsel tentang Pengangkatan Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Sorsel. Setelah itu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji jabatan oleh Bupati Samsudin Anggiluli. Bertindak sebagai saksi Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk dan Sekda Dance Yulian Flassy, SE, M.Si. Rohaniwan agama Kristen, Katolik dan Islam mendampingi pejabat yang dilantik. Usai pengambilan sumpah janji dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pembacaan naskah pelantikan oleh Bupati Samsudin Anggiluli. 

 Pelantikan ratusan pejabat eselon II, III dan IV kali ini terasa istimewa karena dihadiri oleh Kasubdit Kelembagaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI Bahril mewakili Direktur Kelembagaan dan Kepegawaian Kemendagri, Sekretaris Deputi Pengembangan SDM Aparatur Kemenpan RB Aba Subagja, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Purwanto, Direktur Penataan Daerah dan Otonomis Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah Safrizal Z.A dan Kasubdit Otonomi Daerah Kemendagri Hendarto. Sementara Pejabat Sorsel yang hadir antara lain Wakil Bupati Drs. Marthinus Salamuk, Sekda Dance Yulian Flassy, SE.M.Si, Ketua DPRD Jefries N. Kewetare, SP, Pabung Kodim 1704 Sorong Mayor Inf. Willson Path, S.Sos, Waka Polres Sorsel Kompol Bidik Rysaladi, SH serta sejumlah pejabat lainnya.     

 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, promosi dan mutasi pejabat merupakan hal yang biasa terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan, yang bertujuan meningkatkan karir ASN sesuai kebutuhan organisasi, serta dalam rangka dinamisasi manajemen pada OPD. Pangkat dan jabatan pada hakekatnya adalah amanah yang akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan masyarakat. Pihaknya berharap pejabat yang baru dilantik segera melaksanakan tugas ASN dengan sebaik-baiknya serta menjunjung tinggi profesionalisme dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pada OPD masing-masing. Selain itu juga harus dapat membenahi disiplin aparatur, administrasi kepegawaian, perencanaan program dan kegiatan serta administrasi keuangan. Sebagai Pimpinan OPD dan satuan unit kerja, pejabat yang baru dilantik harus memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan pegawai yang ada di bawahnya. Untuk itu harus mengedepankan perilaku disiplin serta sebagai contoh dan teladan bagi bawahan yang dipimpinnya. (humas/julius)