Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Peringatan HUT Sorsel ke-14 Berlangsung Meriah
Rabu, 09/08/2017 16:58 WIB

TEMINABUAN-Peringatan Hati Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) pada Senin (7/8) lalu di Lapangan Trnati berlangsung meriah. Upacara HUT Kabupaten Sorsel dilaksanakan Senin kemarin, karena tanggal 6 Agustus yang merupakan hari jadi Kabupaten Sorsel bertepatan dengan hari Minggu. Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE bertindak sebagai Inspektur Upacara. Lambang daerah Kabupaten Sorsel berada di lapangan upacara selama upacara HUT Kabupaten Sorsel berlangsung. Sejarah singkat pembentukan Kabupaten Sorsel juga dibacakan dalam upacara. Upacara diawali dengan defile budaya suku bangsa yang ada di Kabupaten Sorsel antara lain Suku Jawa, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maybrat, Tehit dan Imekko. Defile budaya bangsa ini menarik perhatian peserta upacara dan tamu undangan, karena peserta defile menggunakan pakaian adat masing-masing. Masyarakat dari masing-masing suku menampilkan atraksi daerahnya masing-masing setelah pelaksanaan upacara HUT dan berlangsung meriah. Bupati Samsudin Anggiluli, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sorsel serta tamu undangan dari Sorong turun goyang bersama masyarakat dari berbagai suku bangsa yang ada. Tamu undangan yang datang dari Sorong antara lain Komandan Lantamal XIV Sorong Jendral bintang satu, Komandan Batalyon Marinir Sorong, Komandan Kodim 1704 Sorong, Komandan Lanal Sorong, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sorong, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sorong dan Ketua Pengadilan Agama Sorong. Hadir dalam Upacara HUT Kabupaten Sorsel antara lain Ketua DPRD Sorsel Jevries N Kewetare, Kapolres Sorsel AKBP Romylus Tamtelahitu, S,Sos, M.Krim; Wakil Bupati Sorsel Drs.Martinus Salamuk, Sekda Dance Yulian Flassy, SE, M.Si; Perwira Penghubung Kodim 1704 Sorong Mayor.Inf.N.Wilson Path, S.Sos.

 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli menghatrapkan kerja sama dan komitmen dari semua komponen masyarakat untuk membangun dan melayani sesuai tugas masing-masing, demi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorsel. Lembaga keagamaan, pemerintah dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam membangun Kabupaten Sorsel. Untuk itulah tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah bersama-sama bergandengan tangan, kerja bersama mewujudkan visi Kabupaten Sorsel periode 2016-2021 yakni “Mewujudkan masyarakat sorong selatan yang sehat, cerdas, unggul, sejahtera dan berkeadilan gender”. Pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat terus kita tingkatkan semangat kebersamaan, saling mengingatkan, saling menopang serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan. Khusus kepada segenap aparatur pemerintah diminta tetap mengedepankan profesionalisme kerja diiringi sikap disiplin yang tercermin dari budaya tertib, budaya bersih dan budaya kerja.

 Rangkaian kegiatan HUT ke-14 Kabupaten Sorsel dilanjutkan dengan kunjungan ke Tugu Trikora tempat penerjunan pasukan TNI-AU saat pembebasan Irian Barat, panggung hiburan dan pesta kembang api pada malam harinya. (humas/julius)