Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Menteri PPPA Resmikan Srikandi Sungai se-Papua Barat
Senin, 09/10/2017 12:47 WIB

TEMINABUAN-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI), Prof.Dr.Yohana Susana Yembise, Dip.Apling.MA meresmikan dan mendeklarasikan Srikandi Sungai se-Provinsi Papua Barat (PB) akhir September lalu, bertempat di tepi Sungai Kohoin Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan. Bersamaan dengan itu juga dikukuhkannya Menteri PPPA RI Yohana Yembise sebagai Pembina Srikandi Sungai Indonesia dan Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE sebagai Kepala Sekolah Sungai Kabupaten Sorsel. Menteri Yohana Yembise dalam keterangannya menjelaskan, melalui pelantikan ini kiranya para Srikandi Sungai se-Papua Barat dapat menjadi ujung tombak yang dapat memberdayakan dan mengajak masyarakat, untuk menghargai sungai-sungai yang ada di sekitar lingkungannya sebagai sumber kehidupan manusia. “Srikandi-srikandi sungai ini kita angkat dan nobatkan supaya bisa menjaga sungai-sungai ini bersama masyarakat, karena sungai dapat menjadi sumber air yang bermanfaat bagi keluarga,” tegasnya.
 Lanjut Menteri Yohana Yembise, dirinya yang telah dilantik menjadi Pembina Srikandi Sungai  Indonesia, akan terus memberikan pendampingan serta pembinaan bagi seluruh srikandi sungai yang ada di Indonesia. Cara untuk menggemakan peran dan hadirnya srikandi-srikandi ini, pihaknya akan bekerja sama dengan Pusat Studi Wanita (PSW) yang ada di beberapa universitas di Indonesia. Peristiwa ini baru dilakukan pertama kali di tanah Papua. “Saya mengapresiasi srikandi-srikandi sungai di Papua Barat karena menjadi model dan membuka jalan bagi srikandi-srikandi sungai lainnya di seluruh tanah Papua,” ujarnya.
 Sementara itu Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE dalam sambutannya mengapresiasi dan bangga atas kehadiran Menteri Yohana Yembise di Kabupaten Sorsel, dalam rangka meresmikan dan menobatkan Srikandi-Srikandi Sungai se Provinsi PPB. Kabupaten Sorsel dijuluki Negeri 1001 sungai, oleh karena itu sungai-sungai yang ada patut dijaga, dilestarikan dan dijaga kebersihannya. Menjaga sungai dan air yang ada, merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Baik itu para tokoh, LSM dan berbagai lembaga lainnya. “Setiap tahun kita akan anggarkan Rp. 1 Miliar untuk mendukung Forum Pencinta Sungai Kabupaten Sorsel dalam memelihara dan menjaga sungai-sungai kita yang ada. Sungai dan air sangat penting bagi kehidupan kita,” pungkasnya.
 Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk, Sekda Dance Yulian Flassy, SE, M.Si: Kapolres Sorsel AKBP Romylus Tamtelahitu, S.Sos, S.IK, M.Krim; Ketua DPRD Sorsel yang diwakili Wakil Ketua I Marthen Saflesa, Wadanramil Teminabuan Peltu Infantri Hadam T, sejumlah Pimpinan Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD) Forum Pecinta Sungai Kabupaten Sorsel dan sejumlah Pimpinan Organisasi Perempuan. Selain itu hadir juga Ketua Srikandi Sungai Indonesia Surani Hasanati, S.Si.M.Sc, Inisiator Penggagas Srikandi Sungai Indonesia Prof.Dr.Suratman yang juga Wakil Rektor I UGM Yogyakarta, Ketua Pusat Studi Wanita UGM Yogyakarta Dr. Tri Winarni, Rektor Universitas Muhamadyah Sorong Dr. Hermanto Suaib, MM; Ketua Srikandi Sungai Region PB Orpa Momot, SP, para tokoh serta para Ketua Srikandi Sungai se-Provinsi PB. (humas/julius)