Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Organisasi Perangkat Daerah Dilatih Susun SPM
Kamis, 12/10/2017 07:52 WIB

TEMINABUAN-Pemerintah hadir untuk melayani masyarakat, sehingga diperlukan rambu-rambu dalam melayani masyarakat. Rambu-rambu tersebut tergambar dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Berdasarkan SPM dan SOP tersebut, pemerintah dapat mengevaluasi pelayanan yang telah dilakukan selama ini. Apakah sudah sesuai SPM atau belum. Untuk itulah Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serius menyusun SPM dan SOP, terutama yang melaksanakan urusan wajib pelayanan dasar seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan lainnya. Dasar hukum yang mengatur tentang SPM dan SOP sangat jelas yakni UU No.23 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah. Dengan demikian setiap lembaga pemerintah dari pusat hingga daerah harus mempunyai SPM dan SOP. Penyusunan SPM merupakan kegiatan yang mulia karena berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Sorsel. Hal ini ditegaskan Bupati Samsudin Anggiluli saat membuka pelatihan penyusunan SPM dan SOP Kamis (5/10) lalu di Hotel Mratuwa Sesna.
 Dijelaskan Bupati Samsudin Anggiluli, SPM akan menjadi acuan dalam melayani masyarakat. Atau dengan kata lain wujud pelayanan pemerintah kepada masyarakat adalah penerapan SPM dalam pelayanan publik. Kalau lembaga pemerintah dalam hal ini OPD tidak mempunyai SPM, maka pelayanan yang dilaksanakan kepada masyarakat tidak terkontrol artinya pemerintah melayani masyarakat sesuka hati. Untuk itulah SPM sangat diperlukan oleh setiap OPD. Pihaknya berharap OPD dapat menyelesakan SPM selama mengikuti pelatihan.
 Pelatihan penyusunan SPM dan SOP dilaksanakan oleh Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setda Kabupaten Sorsel bekerja sama dengan Universitas Negeri Papua (Unipa) Manokwari, dengan menghadirkan narasumber dosen Unipa Mohammad Gozali Tafalas. Peserta pelatihan berasal dari semua OPD di lungkungan Pemkab Sorsel. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari mulai Kamis (5/10) hingga Jumat (6/10) lalu. Hadir dalam pembukaan pelatihan penyusunan SPM dan SOP Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk. (humas/julius)

Berita Lainnya