Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bendahara Barang Dilatih Kelola Barang Daerah
Selasa, 24/10/2017 11:40 WIB

TEMINABUAN- Bendahara barang di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mempunyai peranan penting dalam mengelola barang milik daerah (BMD). Untuk itulah Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) melaksanakan pelatihan Pengelolaan BMD bagi bendahara barang di setiap OPD di lingkungan Pemkab Sorsel.
Pelatihan Pengelolaan BMD yang berlangsung di Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan Kamis (19) lalu bertujuan untuk memperkuat kapasitas pengelola BMD berlangsung tertib dan lancar.
Pelatihan tersebut dselenggarakan oleh Bidang Aset Daerah BPKAD Kabupaten Sorsel bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Papua Barat, dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sorsel, Yonas Howay, SE.
 Narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Papua Barat Tri Husodo  pada kesempatan tersebut menjelaskan, pelatihan penguatan kapasitas bagi pejabat pengelola barang ini sangat diperlukan. Bisa saja tidak dipersiapkan secara baik pengkaderan dari pejabat pengelola BMD sebelumnya. Oleh karena itu, ketika terjadi pergantian pejabat pengelolaBMD, sangat perlu diadakan pelatihan seperti saat yang dilakukan BPKAD saat ini untuk mengisi kekosongan atau menambah pengetahuan dan kapasitas bagi bendahara barang milik daerah yang baru.
Kabupaten Sorsel,termasuk salah satu daerah terbaik dalam mengelola BMD, hal ini harus dipertahankan terus oleh Pemkab Sorsel. Salah satu faktor terjadinya penurunan perolehan opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) disebabkan karena sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki masih terbatas. Kebutuhan SDM yang ada hendaknya dipersiapkan, karena kadang-kadang karakter masing-masing individu berbeda. Sedangkan pejabat pengelola BMD hanya bendahara barang yang tahu soal aturan dan mekanisme pengelolaan aset barang daerah.
 Sementara itu Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan (Perekbang) Setda Sorsel Yonas Howay, SE mengharapkan, agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan cermat. Dengan demikian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik di lingkungan kerja masing-masing. Selain itu dirinya meminta agar kegiatan seperti ini terus dilaksanakan secara berjenjang di waktu mendatang, sehingga para pejabat terkait benar-benar dapat ditingkatkan SDM-nya dan dapat bekerja secara benar dan tepat sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku. (humas/julius)