Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bank Indonesia Buka Kantor Kas Titipan
Rabu, 06/12/2017 22:18 WIB

TEMINABUAN – Bank Indonesia (BI) atau Bank Sentral secara resmi membuka Kantor Kas Titipan di Teminabuan akhir November lalu. Pembukaan Kantor Kas Titipan BI yang bertempat di halaman Kantor Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Pembantu Teminabuan, ditandai dengan  pengguntingan pita dan pemukulan tifa oleh Wakil Bupati (Wabup) Drs. Marthinus Salamuk. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat Agus Hartanto menyerahkan replika uang pecahan Rp. 100.000 kepada Wabup Sorsel Drs.Martinus Salamuk. Bank Sentral mempercayai dan menunjuk BNI Cabang Pembantu Teminabuan mengelola kas titipan BI di wilayah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Bersamaan dengan pembukaan Kantor Kas Titipan BI di Sorong Selatan,juga Kantor Kas Titipan BBi di Bintuni, Teminabuan, Kota Sorong dan Manokwari.
Pada kesempatan tersebut Wabup Martinus Salamuk menjelaskan, uang kartal sebagai alat pembayaran adalah aspek yang sangat vital bagi perekonomian. Sebab setiap kegiatan ekonomi seperti perdagangan barang maupun jasa, masih sangat bergantung pada ketersediaan uang kartal rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui di seluruh Republik Indonesia. Harus diakui selama ini pemenuhan uang kartal di Sorong Selatan masih belum maksimal. Hal ini tentunya memiliki kelemahan dari sisi efektifitas dan efisiensi transaksi. Bila ini tidak disikapi, maka dapat menghambat laju perekonomian di daerah ini. Untuk itu kehadiran Kantor Kas Titipan BI di Sorong Selatan adalah sebuah langkah maju bagi perekonomian di Kabupaten Sorsel. Dengan adanya Kantor Kas Titipan BI ini, penyediaan dan pemenuhan uang kartal dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai, tepat waktu dan layak edar, dapat dilakukan dengan lebih mudah. Kemudahan ini tentunya berdampak positif bagi perekonomian di wilayah Sorsel. "Kami berharap pembukaan kantor Kas Titipan BI ini bukan akhir dari kerjasama yang kita bangun, namun merupakan awal yang baik untuk memulai dan meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Sorsel dengan pihak BI," pungkasnya.
Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Kantor BNI Wilayah Jayapura, Pimpinan Perbankan di Kabupaten Sorsel, para Muspida, sejumlah Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sorsel dan undangan lainnya. Pada sela-sela acara ini pula PT. BNI (Persero) Tbk menyerahkan bantuan CSR kepada Mitra Binaan Perum Perhutani LMDH Bosiro Distrik Kais. Bantuan CSR ini diserahkan oleh Kepala Kantor BNI Wilayah Jayapura kepada Pemda Sorsel yang diterima Wabup Martinus Salamuk, selanjutnya Wabup Martinus Slaamuk menyerahkan kepada Ketua LMDH Bosiro Distrik Kais. (humas/julius)

Berita Lainnya