Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Basarnas Bentuk Pos Siaga SAR
Rabu, 07/02/2018 08:54 WIB

TEMINABUAN-Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) membentuk Pos Siaga SAR Teminabuan berdasarkan PK 04 Tahun 2017 dan sudah diundangkan di Kementruan Hukum dan HAM pada tanggal 23 Pebruari 2017 lalu. Inti isi dari PK 04 Tahun 2017 tersebut adalah menyetujui pembentukan Pos Siaga SAR Teminabuan. Pembentukan Pos Siaga SAR Teminabuan tersebut sebagai tindak lanjut surat Bupati Sorong Selatan (Sorsel) pada 2016 lalu terkait permohonan pembentukan Pos Siaga SAR di Teminabuan. Sehubungan dengan itu Kepala Kantor SAR Sorong Emi Frizer, SE bersama staf bertemu Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk untuk koordinasi guna menindaklanjuti hubungan kerjasama mengenai aktivasi pembentukan Pos Siaga SAR Teminabuan. Khususnya konsolidasi terkait ijin prinsip dan dukungan lainnya terhadap pembentukan Pos Siaga SAR Teminabuan. Dengan demikian pelayanan publik jasa SAR di wilayah Kabupaten Sorsel dapat berjalan baik, serta terintegrasi dengan semua stakeholder yang ada di lingkungan Pemkab Sorsel.
 Dijelaskan Kepala Kantor SAR Sorong Emi Frizer, pihaknya tidak mungkin berjalan sendiri tanpa dukungan dari Pemda dan seluruh masyarakat Sorsel. Baik itu terkait aktivasi Pos Siaga SAR Teminabuan maupun dukungan lainnya. Personil Kantor SAR Sorong terbatas, sehingga perlu koordinasi baik untuk menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sorsel. Tahap awal ini akan ditempatkan sekitar 4 sampai 5 orang personil di Pos Siaga SAR Teminabuan. Selebihnya pihaknya minta dukungan dari BPBD Sorsel untuk personil dan fasilitas penunjang lainnya. Pihaknya bisa mengefisienkan apa yang sudah ada, tugas SAR dan BPBD mirip. Jadi pihaknya mencoba untuk mensinergikan antara BPBD Sorsel dengan Kantor SAR Sorong, sehingga bisa memberikan pelayanan publik lebih maksimal bagi masyarakat, apabila suatu ketika wilayah Sorsel dalam fase gawat darurat.
 Pada kesempatan tersebut Wabup Martinus Salamuk yang didampingi Kepala BPBD Sorsel Vicente Campana Baay, S.IP saat menerima kunjungan Kepala Kantor SAR Sorong dan staf di ruang kerjanya Rabu (24/1) lalu menjelaskan, Pemda Kabupaten Sorsel siap membantu atau mensuport hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan Pos Siaga SAR Teminabuan. Termasuk ijin prinsip penyediaan lahan kantor dan perlengkapan sarana prasarana pendukung lainnya. Bahkan terkait kantor Pos Siaga SAR Teminabuan sementara bisa memanfaatkan fasilitas pemerintah yang ada di sekitar kota Teminabuan atau di sekitar Pelabuhan Wersar -Teminabuan. Wilayah Kabupaten Sorsel termasuk daerah yang rawan bencana. Untuk itu Pemkab Sorsel siap mendukung serta mensuport kehadiran Pos Siaga SAR Teminabuan. (humas/julius)

Berita Lainnya