Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Terima Aspirasi Pembentukan Distrik Nasfa
Jumat, 23/02/2018 11:24 WIB

TEMINABUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel) siap memekarkan Distrik Nasfaa dari Distrik Teminabuan, meliputi wilayah Kampung Wehali dan Magis. Termasuk pemekaran kampung yang diusulkan akan dimekarkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mengingat kedua kampung tersebut berada di daerah perbatasan dengan Kabupaten Maybrat. Dengan demikian perlu dimekarkan untuk menjaga keutuhan wilayah Kabupaten Sorsel. Selain itujuga untuk meminimalisir konflik di wilayah perbatasan, Pemkab Sorsel akan berupaya memekarkan wilayah ini. Berdasarkan ketentuan yang baru dalam satu distrik sedikitnya harus membawahi 7 kampung defenitif. Oleh karena itu masyarakat dan aparat kampung di Kampung Wehali dan Kampung Magis bekerja keras untuk memenuhi aturan dimaksud. Pengusulan dusun persiapan menjadi kampung persiapan harus diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat (PB) untuk dilakukan pengecekan atau survei oleh tim dari Pemprov PB. Jika hasil survei memenuhi ketentuan, maka selanjutnya diusulkan ke DPRD untuk penetapan Peratuan Daerah (Perda) dan diserahkan kembali ke Pemprov untuk mendapatkan rekomendasi. Selanjutnya diproses di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memperoleh nomor registrasi kampung.
Setelah itu barulah dilaksanakan pelantikan kepala kampung persiapan. Demikian penegasan Bupati Samsudin Anggiluli menanggapi aspirasi masyarakat Kampung Wehali-Magis yang disampaikan saat kunjungan kerja (kunker) ke Kampung Wehali-Magis baru-baru ini.
 Sementara itu Ketua DPRD Sorsel Jevries N Kewetare, SP menegaskan, pihaknya menerima aspirasi warga Kampung Wehali-Magis. Dirinya bersama anggota DPRD lainya akan mengawal aspirasi warga kedua kampung tersebut. Pihaknya memberikan apresiasi kepada warga Kampung Wehali-Magis untuk membantu dan melihat persoalan ini dengan menggali informasi, termasuk untuk membahas persoalan tapal batas. Pihaknya akan menfasilitasi dan berupaya mengakomodir aspirasi tersebut.
 Senada dengan Ketua DPRD Sorsel Wakil Ketua I DPRD Sorsel Marthen Saflesa menjelaskan, terkait pemekaran sejumlah dusun baru dan pemekaran distrik segera diupayakan untuk dimekarkan. Untuk itu dìrinya meminta seluruh kampung yang ada agar bersatu, bergandengan tangan mendukung program pemerintah. Dirinya berjanji pemekaran Distrik Nasfaa segera terwujud dan semua pejabat akan membantu sesuai mekanisme yang berlaku. Semua pihak harus bersinergi untuk mendukung semua aspirasi warga Kampung Wehali-Magis. (humas/julius)

Berita Lainnya