Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

TP-PKK Gelar Lomba Baca Buku Tingkat SD
Jumat, 23/02/2018 11:29 WIB

TEMINABUAN- Minat baca buku di kalangan pelajar saat ini rendah, karena  makin meningkatnya teknologi informasi saat ini. Anak-anak lebih memilih main game atau permainan di handphone (HP) daripada membaca buku bacaan. Untuk itulah Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) mulai mengembangkan minat baca siswa SD dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 tahun 2018 ini. Pengembangan minat baca siswa SD tersebut dilakukan dengan menaampilkan beragam buku bacaan dan lomba membaca, yang berlangsung di Aula Distrik Teminabuan Selasa (20/2) lalu, dengan melibatkan siswa SD kelas 4 dan 5 yang ada di SD dalam kota Teminabuan. TP-PKK menghadirkan guru senior Ny.D.Kansil/Kofiay dan Ny.Marthafina Wamafma/Nunaki sebagai juri. Pelaksanaan pengembangan minat baca siswa SD tersebut sebagai kegiatan awal rangkaian kegiatan HKG PKK ke-46 tahun 2018. Lomb abaca siswa SD diikuti perwakilan siswa kelas 4 dan 5 dari 7 SD yang ada di dalam kota Teminabuan antara lain SD Negeri 14, SD Negeri 15, SD YPPK Santo Paulus Teminabuan, SD YPK Markus, SD An-Nur, SD Yapis dan SD Muhamadiyah. Kegiatan pengembangan minat baca siswa SD dibuka secara resmi oleh Kabid Pengembangan Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sorsel Ny.Barbalina Aifufu, S.Pd.
 Ketua TP-PKK Kabupaten Sorsel Ny. Beatriks Anggiluli, SE pada kesempatan tersebut menjelaskan, PKK melalui Pokja II memiliki salah satu program yang berhubungan dengan pembangunan di bidang pendidikan. Untuk itu sangat dibutuhkan kerja sama yang baik dengan instansi teknis untuk memajukan pembangunan pendidikan di wilayah Kabupaten Sorsel. Berkembangnya teknologi saat ini memberikan dampak positif, namun di sisi lain tidak dipungkiri juga berdampak negatif. Hal ini bisa dilihat, kebanyakan anak-anak lebih cenderung menggunakan internet untuk bermain game daripada membaca pengetahuan yang bermanfaat. Untuk itulah pihaknya mengajak siswa SD gemar membaca. Pihaknya juga menghimbau Pemda Sorsel untuk memberikan perhatian terhadap penyediaan buku-buku bagi perpustakaan di sekolah-sekolah. Melalui penyediaan buku yang memadai, diharapkan anak-anak juga terbiasa untuk membaca. PKK terus bekerja sama untuk memperhatikan peningkatan kualitas pendidikan. Banyak anak-anak yang belum tahu membaca ketika tamat SD. Ini adalah tanggung jawab semua pihak. Semua kita harus bekerja lebih baik lagi untuk kemajuan pendidikan generasi bangsa.
 Sementara itu Kabid Pengembangan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Sorsel Barbalina Aifufu, S.Pd memberikan apresiasi kepada TP-PKK yang melaksanakan kegiatan tersebut, karena sangat bermanfaat dalam mendukung kemajuan pembangunan bidang pendidikan di wilayah Kabupaten Sorsel. Tanggung jawab guru, orang tua dan semua kita untuk mendampingi dan mengawasi secara baik anak-anak kita dalam menghadapi perkembangan tekmologi saat ini. (humas/julius)

Berita Lainnya