Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Pemda Bangun Jalan Dua Jalur Kaliat-Sesna
Selasa, 27/03/2018 14:19 WIB

TEMINABUAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel) di bawah kepemimpinan Bupati Samsudin Anggiluli, SE dan Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk merubah wajah kota secara bertahap. Salah satu diantaranya yakni pembangunan ruas jalan dua jalur Kaliat-Sesna Distrik Teminabuan. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sorsel, Aminullah Muin, ST menjelaskan pihaknya menargetkan tahun 2019 mendatang ruas jalan 2 jalur tersebut sudah fungsional. Ruas jalan dua jalur atau istilahnya timbal balik Kaliat-Sesna panjangnya 7,5 kilo meter (km) ini dikerjakan secara bertahap, ditambah lagi dengan jembatan yang harus dibangun di 4 titik supaya ruas jalan dua jalur tersebut fungsional. Pembangunan ruas jalan dua jalur tersebut dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2017 lalu dengan panjang ruas jalan sekitar 5 km. Ruas jalan tersebut dibangun oleh dua kontraktor sekaligus yakni oleh PT Aneks Jaya dan PT Manggala Viktori Jaya supaya cepat selesai. Pembangunan ruas jalan 2 jalur tersebut sudah termasuk pekerjaan median jalan dan trotoar untuk pejalan kaki. “Pekerjaan ruas jalan dua jalur ini dibagi menjadi dua paket. Satu paket dari Kaliat menuju Sesna dan satu paket lagi dari Sesna menuju Kaliat," tegasnya.

 Menjawab pertanyaan Radar Sorong Rabu kemarin di kantor Bupati Sorsel Aminullah Muin menjelaskan, masih tersisa 2.5 km ruas jalan Kaliat-Sesna yang harus dibangun. Tahapan pekerjaan yang menggunakan APBD Tahun 2018 ini sementara persiapan untuk pelaksanaan tender atau lelang sebagaimana aturan yang berlaku. Kalau kontraktor yang kerja tahun 2017 menang lagi dengan harga bersaing, berarti kontraktor tersebut lanjutkan pekerjaannya.

Pekerjaan tahun ini lebih berat dan butuh waktu lebih lama serta menelan anggaran lebih banyak. Mengingat medan yang mau dikerjakan lebih banyak tanjakan, sehingga harus diturunkan atau diratakan dengan ukuran lebar untuk jalan dua jalur. Sementara untuk jalan lama hanya satu jalur. Tahun 2018 ini juga telah dianggarkan untuk pembangunan 1 unit jembatan di Kaliat depan Kantor RRI. Sementara 1 unit jembatan yang ada di Kampung Keyen akan dianggarkan pada tahun 2019 mendatang. Tahun 2017 lalu anggaran pembangunan ruas jalan 2 jalur tersebut sekitar 30 M, sedangkan tahun 2018 ini sekitar 17 M. (humas/julius)

Berita Lainnya