Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Launching Germas
Rabu, 08/08/2018 15:16 WIB

TEMINABUAN- Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Jumat (3/8) lalu di Lapangan Trinati Teminabuan. Launching kampanye Germas yang disponsori oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua Barat ditandai pelepasan balon gas ke udara oleh Bupati Samsudin Anggiluli. Rangkaian kegiatan launching kampanye Germas diawali jalan santai bersama dari Terminal Pasar Kajase menuju Lapangan Trinati, dilanjutkan penarikan undian berhadiah. Setelah itu senam sehat dan apel launching Kampanye Germas, dilanjutkan gerakan mencuci tangan sebelum makan oleh siswa SD YPK Sion Sungguer Distrik Wayer. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs. Martinus Salamuk, Ketua DPRD Jevries N. Kewetare, SP; Kabid. Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Provinsi Papua Barat dr. Feny M. Paisey, M.Si bersama staf, Wakapolres Sorsel Kompol Bidik Risaladi, SH; Pimpinan OPD dan ASN, Pimpinan Lembaga Pemerintah Vertikal, organisasi kemasyarakatan, para pelajar serta masyarakat dalam kota Teminabuan.
 Bupati Samsudin Anggiluli dalam sambutannya menjelaskan, kesehatan merupakan aset manusia yang sangat berharga. Untuk itu pembangunan kesehatan nasional merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang bidang Kesehatan (RPJPK) 2005-2025.
Kampanye Germas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Ada slogan 'Seseorang yang telah memiliki kesehatan pastinya memiliki harapan, serta ia yang memiliki harapan pasti akan memiliki segalanya'. Sejalan dengan Program Indonesia Sehat yang dicanangkan dalam visi misi Presiden Jokowi, maka dibutuhkan suatu pendekatan keluarga yang mengintegrasikan upaya kesehatan perorangan (UKP) secara berkesinambungan, dengan target keluarga berdasarkan data dan informasi dari Profil Kesehatan Keluarga.
 Kegiatan yang dilakukan melalui Germas ini adalah kampanye hidup sehat, pencegahan penyakit dan deteksi dini, konsumsi pangan sehat, lingkungan sehat, aktifitas fisik dan konektifitas antarmoda transportasi. Selain itu kawasan tanpa rokok, narkoba dan minuman keras, penurunan stres dan keselamatan berkendaraan, serta advokasi regulasi Germas. (humas/julius)
.

Berita Lainnya