Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Demonstrasi Tokok Sagu Meriahkan HUT Kabupaten Sorsel
Rabu, 08/08/2018 15:18 WIB

TEMINABUAN- Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sorsel yang ke-15 pada Senin (6/8) kemarin. Peringatan HUT Kabupaten Sorsel ke-15 dipusatkan di Lapangan Trinati Teminabuan. Peringatan HUT Kabupaten Sorsel ke-15 tahun 2018 ini istimewa karena dimeriahkan atraksi tokok sagu oleh mama-mama Papua dan selanjutnya diolah secara manual menjadi tepung sagu. Bahkan Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE mencoba tokok sagu dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ny.Beatriks Anggiluli meremas sagu. Peringatan HUT Kabupaten Sorsel ke-15 diawali dengan upacara penghoratan lambang daerah yang diikuti pelajar, personil TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai Bank Papua, tukang ojek dan pasukan oranye atau pasukan kebersihan dalam kota.
 Upacara HUT Kabupaten Sorsel diawali dengan kirab siswa berprestasi dan budaya nusantara dari berbagai suku yang ada di Kabupaten Sorsel antara lain suku Tehit, Maybrat, Imekko, Biak, Bugis, Toraja, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku dan Jawa. Setiap suku memainkan atraksi ketika melintas di depan panggung kehormatan tempat Bupati dan rombongan duduk,Usai upacara dilanjutkan dengan acara hiburan berupa tarian pangkur sagu dan atraksi tokok sagu dan mengolah sagu secara manual oleh mama-mama Papua dari sejumlah distrik. Bupati Samsudin Anggiluli dan tamu undangan dari Sorong turun ke lapangan untuk menyaksikan lebih dekat cara menokok sagu dan mengolahnya secara manual. Bahkan Bupati Samsudin Anggiluli langsung menokok sagu. Tamu yang dari Sorong juga ikut menokok sagu. Selanjutnya Bupati Samsudin Anggiluli melepas balon gas ke udara sebagai tanda diperingatinya HUT Kabupaten Sorsel ke-15. Setelah itu Bupati Samsudin Anggiluli dan rombongan menikmati hidangan ala Sorsel di rumah sagu yang telah disiapkan.
 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli menegaskan, rasa cinta dan rasa memiliki Kabupaten Sorong Selatan hendaknya  terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap  dan diwujudkan dalam perilaku masyarakat dan ASN. Rasa cinta dan bangga  terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai  potensi dan profesi kita masing masing. Masyarakat Sorsel wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Sorsel sebagai sebuah inspirasi dan motivasi, untuk mengisi perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi.
 Hadir dalam upacara HUT Kabupaten Sorsel antara lain Ketua DPRD Sorsel Jevries Kewetare, SP; Wakil Bupati Drs.Martinus Salamuk, Kapolres Sorsel AKBP Romylus Tamtelahitu, S.Ik, M.Krim, Sekda Kabupaten Sorsel Dance Yulian Flassy, SE, M.Si serta tamu undangan dari Sorong yakni Komandan Lantamal XIV Sorong yang diwakili Asisten Operasi Kol.Mar.Jayus, Kapolda Papua Barat yang diwakili AKBP Sahat Siregar, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sorong Timotius Djemei, Ketua Pengadilan Agama (PA) Sorong Muhlis, Dandim 1704 Sorong yang diwakili Mayor Kav.Abdul Mufid, Kepala Kantor SAR Sorong Emi Frizer, Komandan Pangkalan Pertahanan Marinir yang diwakili Mayor.Mar.Chanan Asfiani. (humas/julius)

Berita Lainnya