Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Paskibra Suksses Kibarkan Merah Putih
Senin, 20/08/2018 15:04 WIB

TEMINABUAN-Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) sukses melaksanakan tugasnya mengibarkan bendera Merah Putih dan menurunkannya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 Jumat (17/8) lalu di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Sorsel. Anggota Paskibra sebanyak 73 orang yang dikukuhkan pada Kamis (16/8) malam oleh Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE tidak sia-sia digembleng oleh pelatih dari Koramil Teminabuan selama kurang lebih 2 bulan. Tahapan pengibaran bendera pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 berlangsung dengan lancar tanpa hambatan. Begitupun dengan upacara penurunan bendera atau Aubade berjalan mulus. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 Bupati Samsudin Anggiluli, sedangkan Wakil Bupati Drs.Martinus Salamuk bertindak selaku Irup pada Aubade. Teks Proklamasi dibaca oleh Ketua DPRD Jevries Kewetare, SP dan teks Pembukaan UUD 1945 dibaca oleh Kepala Dinas Pendidikan Hengky Gogoba, S.Sos, MA. Siswa SD YPK Maranatha dan SD Negeri 14 Teminabuan memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dengan senam poco-poco sambil membawa bendera Merah Putih. Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini sangat istimewa karena dihadiri Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sorong Timotius Djemey, SH.
 Usai Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73, Bupati Samsudin Anggiluli dan rombongan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Tri Tjakrabuana Teminabuan untuk melakukan ziarah nasional. Setelah itu bertolak ke Kampung Wersar melihat Tugu Trikora tempat pendaratan Pasukan Gerak Tjepat (PGT) TNI-AU untuk menancapkan bendera Merah Putih saat Operasi Trikora tahun 1969 lalu yang banyak memakan korban. Selanjutnya Bupati Samsudin Anggiluli dan rombongan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) untuk menyerahkan SK remisi kepada narapidana. Setelah upacara penurunan bendera dilaksanakan Resepsi HUT Kemerdekaan RI ke-73 secara terbuka di Lapangan Trinati dengan mengundang masyarakat.
 Resepsi HUT Kemerdekaan RI biasanya diisi dengan toast bersama Bupati dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan anggota Paskibra dan pasukan drum band. Namun Bupati Samsudin Anggiluli menghendaki masyarakat juga diundang dalam Resepsi HUT Kemerdekaan RI ke-73 guna toast bersama dengan pemerintah, sebagai wujud kebersamaan pemerintah dengan masyarakat dalam membangun bangsa Indonesia secara umum dan Kabupaten Sorsel secara khusus. Syukuran HUT Kemerdekaan RI juga ditandai dengan ratusan kali tembakan kembang api ke udara. Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 ini benar-benar meriah. (humas/julius)

Berita Lainnya