Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Canangkan Teminabuan Kota Bersama
Kamis, 30/08/2018 10:05 WIB

TEMINABUAN- Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE baru-baru ini mencanangkan Teminabuan kota Bersih, Sehat dan Aman (Bersama). Pencanangan yang berlangsung di kawasan Pelabuhan Ampera Teminabuan tersebut ditandai dengan pendirian baliho seruan untuk menjaga kebersihan sungai. Kabupaten Sorsel dijuluki Negeri 1001 Sungai karena memiliki banyak sungai atau kali dengan air yang sangat jernih. Kondisi ini menjadi suatu kebanggaan yang harus patut disyukuri, karena setiap makluk hidup sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidup. Kondiisi inilah yang membuat Pemerintah Distrik Teminabuan di bawah kepemimpinan Kepala Distrik Frans Thesia, SE bekerja sama dengan Forum Pencinta Sungai Kabupaten Sorsel menginisiasi kegiatan tersebut. Bahkan tidak tanggung-tanggung Kepala Distrik Teminabuan Frans Thesia mengajak staf kantor Distrik Teminabuan dan masyarakatnya membersihkan sungai di kawasan Peabuhan Ampera menggunakan longboat.
 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan sungai dari segala bentuk pencemaran. Masyarakat harus sadar untuk bersama-sama menjaga kebersihan atau kejernihan air sungai atau kali yang ada dari segala bentuk pencemaran. Salah satu caranya yakni limbah dan sampah masyarakat harus dibuang pada tempatnya atau dengan kata lain jangan langsung dibuang ke daerah aliran sungai (DAS) yang dapat menimbulkan pencemaran. Apabila sungai atau kali  tercemar, maka berbagai penyakit pasti akan timbul di tengah masyarakat dan bahkan berpengaruh terhadap biota kehidupan di sungai. Sebaliknya kalau masyarakat sadar  menjaga kebersihan sungai tanpa adanya paksaan, maka secara tidak langsung sudah terlibat dalam menyukseskan salah satu visi misi pembangunan daerah yakni mewujudkan masyarakat Sorong Selatan yang sehat. "Kesehatan bisa tetap terjaga apabila air bersih yang kita gunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari," tegasnya.
 Ditambahkan Bupati Samsudin Anggiluli, masyarakat yang tinggal di wilayah DAS maupun di pesisir pantai, jangan membuang sampah dan sebagainya langsung ke dalam sungai atau kali. Justru kalau ada sampah yang terbawa air sungai, masyarakat harus sadar untuk memungut atau mengambilnya. Ke depan Pemkab Sorsel akan mengalokasikan aanggaran untuk membersihkan sungai dari pencemaran. Jika perlu dibentuk tim dan melibatkan lembaga masyarakat yang bertugas menjaga kebersihan sungau dari segala bentuk pencemaran. (humas/julius)

Berita Lainnya