Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Tinjau Lokasi Jalan Trans Imekko
Jumat, 14/09/2018 09:44 WIB

TEMINABUAN-Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE didampingi Plt Kadis PUPR  Alfius Way, SE meninjau lokasi jalan trans Imekko di Kampung Bedare, Distrik Metamani baru-baru ini dalam kunjungan ke wilayah pesisir Imekko. Jalan trans Imekko yang merupakan jalan trans nasional tersebut dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ruas jalan trans Imekko tersebut mulai dari Distrik Moswaren menuju Distrik Kais, Distrik Metemani, Distrik Inanwatan, Distrik Kokoda dan Distrik Kokoda Utara. Jarak dari Kampung Bedare ke ke Inanwatan yang merupakan ibukota Distrik Inanwatan dan merupakan calon DOB Kabupaten Imekko diperkirakan sekitar 15 hingga 20 Km. Terbukanya ruas jalan trans Imekko tersebut diharapkan perekonomian di wilayah Imekko lebih cepat berkembang. Plt Kadis PUPR Alfius Way, SE; Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Yohan Bodori,S.Sos; Kepala Distrik Metamani Theophilus Budji, SE; warga sejumlah kepala kampung serta masyarakat Kampung Bedare dan sekitarnya.
 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, saat ini pihaknya hendak mewujudkan pembukaan keterisolasian wilayah pesisir Imekko. Dengan membuka jalan dari Teminabuan menuju Moswaren, Metemani, Inanwatan, Kokoda dna Kokoda Utara akan meningkatkan aktivitas perekonomian warga. Kementerian PUPR telah membangun jembatan yang panjangnya sekitar 140 Meter di wilayah Distrik Kais menuju Kampung Bedare Distrik  Metamani, selanjutnya menuju kampung Odeare Distrik Inanwatan dan terakhir Kokoda maupun Kokoda Utara. Pemkab Sorsel telah membayar ganti rugi tanaman tumbuh pada tahun 2011 kepada pemilik hak ulayat di Kampung Bedare sebesar Rp. 50 Juta dan bagi Kampung Odeare diserahkan uang sebesar Rp. 75 Juta. Dengan demikian tidak ada gerakan-gerakan palang-memalang dan menghambat proyek ini. Mengingat proyek jalan ini penting dan dengan jalan ini akan membawa perubahan bagi warga Imekko. Pemkab Sorsel tahun 2018 telah menganggarkan dana sebesar Rp.6 Milyar untuk membangun jalan lingkar Distrik Inanwatan sepanjang 5 Kilometer.
 Sementara itu Plt Kadis PUPR Alfius Way menjelaskan, pihaknya telah menindaklanjuti  apa yang dinawacitakan Presiden RI yaitu menerobos keterisolasian daerah dari pinggiran ke kota dan ini sudah sejalan. Pihaknya berharap Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Marga dapat mempercepat rencana tersebut menjadi jalan yang menghubungkan antara distrik yang satu ke distrik lain dan ibukota. (humas/julius)

Berita Lainnya