Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Wakil Bupati Buka Orentaasi Pendidikan Mahasiwa STIKES
Selasa, 16/10/2018 09:47 WIB

TEMINABUAN-Wakil Bupati (Wabup) Sorong Selatan (Sorsel) Drs.Martinus Salamuk membuka secara resmi pelasksanaan Orientasi Pendidikan (Ordik) kelas khusus Sekolah Tinggi Ilemu Kesehatan (STIKES) Papua Sorong, bertempat di ruang rapat kantor Bupati Sorsel Jumat (12/10) lalu. Pembukaan Ordik ditandai dengan pemukulan tifa bersama oleh Wabup Martinus Salamuk, Ketua STIKES Papua Sorong Dr.Marthen Sagrim, SKM, M.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sorsel dr.Yusuf Sipayung. Ordik kelas khusus STIKES Papua Sorong diikuti 74 mahasiswa D-III Keperawatan yang hendak melanjutkan ke jenjang S1 Keperawatan. Mahasiswa kelas khusus tersebut terdiri dari 38 orang dari Kabupaten Sorsel dan 36 orang dari Kabupaten Maybrat. Khusus dari Kabupaten Sorsel, 12 orang mahasiswa merupakan tenaga medis di RSUD Scholoo dan 26 orang merupakan tenaga medis di sejumlah Puskesmas. Mahasiswa akan diberikan sejumlah informasi tentang proses perkuliahan di STIKES Papua Sorong dalam Ordik.
 Pada kesempatan tersebut Wabup Martinus Salamuk menegaskan, mahasiswa asal Kabupaten Sorsel harus mengikuti proses perkuliahan yang sudah diatur secara rutin. Dengan demikian mahasiswa mendapat ilmu pengetahuan tentang pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu juga supaya mendapat nilai bagus, jangan sampai ada mahasiswa yang tidak lulus sampai batas waktu yang ditentukan yakni 3 semester. Faktor keamanan dan keselamatan juga diperhatikan selama mengikui kuliah, apalagi kuliah sampai malam hari. Mengingat pembangunan jalan dua jalur di beberapa ruas dan curah hujan tinggi belakangan ini, sehingga haru ekstra hati-hati. Pasalnya kalau sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mahasiswa dalam proses perkuliahan, menimbulkan masalah bagi Pemkab Sorsel dan STIKES Papua Sorong.
 Sementara itu Ketua STIKES Papua Marthen Sagrim menjelaskan, lama waktu perkuliahan 3 semester atau 1,5 tahun. Tenaga pengajar STIKES Papua Sorong akan mengajar mahasiswa sesuai kurikulum. Selain itu mahasiswa akan praktek di Rumah Sakit di luar Sorong yang merupakan mitra STIKES Sorong. Setelah lulus Sarjana Keperawatan mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan porfesi Nurse di STIKES Papua Sorong. (humas/julius) 

Berita Lainnya