Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Tinjau Pembangunan NOC
Kamis, 15/11/2018 13:32 WIB

TEMINABUAN-Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE bersama Wakil Bupati Drs. Martinus Salamuk, Ketua DPRD Sorsel Jevries N. Kewetare, SP, Ketua DPR Provinsi Papua Barat Pieters Kondjol, SE, MA dan sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau pembangunan Network Operation Centre (NOC) yang terletak di Pelabuhan Ampera Teminabuan belum lama ini. Perlu diketahui NOC adalah tempat administrator yang mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi, atau sering disebut  pusat data. Suatu ruangan yang berisi visualisasi dari jaringan atau jaringan yang sedang dipantau, dimana status rinci jaringan dapat dilihat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengelola jaringan. Bupati Samsudin Anggiluli bersama rombongan sempat berbincang-bincang dengan kontraktor yang memasang kabel serat optik atau jaringan kabel laut, yakni PT Palapa Timur Telematika yang mengerjakan proyek Palapa Ring Timur.
 Kontraktor Tagor Butarbutar selaku kepada wartawan menjelaskan bahwa, pemasangan kabel optik laut dari induk di Sorong ke Sorong Selatan sudah selesai dikerjakan. Selanjutnya akan dilakukan pengerjaan yang sama menuju LNG Tangguh, Bintuni dan ke Manokwari.
Pihaknya hanya bertugas memasang jaringan kabel optik laut. Selanjutnya ada tim lain dari PT. Palapa Timur Telematika yang bertugas menghubungkan jaringan internetnya. Jadi kapan jaringan internetnya terhubung, pihaknya tidak bisa memastikan. Proyek yang dikerjakan tersebut merupakan program pemerintah pusat. Tujuannya adalah agar seluruh wilayah Indonesia Bagian Timur dapat terhubung dengan jaringan, serta akan terhubung juga dengan wilayah Indonesia Bagia Barat. Atau dengan kata lain, melalui program ini seluruh wilayah Indonesia akan terhubung jaringan komunikasi dan internet.
 Sementara itu Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE kepada wartawan menjelaskan, pihaknya atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat, secara khusus kepada Presiden RI Joko Widodo atas program pemasangan jaringan kabel optik laut yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Sorong Selatan yang tergolong daerah terpencil. Melalui program ini masyarakat yang di daerah juga akan menikmati jaringan telekomunikasi dan internet secara baik, sama halnya dengan daerah lain yang sudah maju. Mudah-mudahan sampai tahun 2019 mendatang masyarakat sudah menikmati fasilitas kabel optik yang baru dipasang tersebut. Pihaknya sangat mendukung program pemerintah pusat ini. Untuk itu Pemkab Sorsel menyediakan lokasi pembangunan NOC. Pihaknya juga menghimbau seluruh masyarakat Sorsel, supaya dapat mendukung program pemasangan jaringan yang sementara dukerjakan kontraktor. (humas/julius)

Berita Lainnya