Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Gubernur Resmikan Gedung Gereja GKI Maranatha Teminabuan
Rabu, 30/01/2019 08:24 WIB

TEMINABUAN- Gedung gereja GKI Maranatha yang diresmikan dan ditahbiskan hari Minggu (27/1) lalu menghabiskan dana sebesar Rp.12 Milyar lebih atau tepatnya Rp.12.217.800.000.000. Gedung gereja dengan panjang 45 meter dan lebar25 meter tersebut dibangun selama 9 tahun 4 bulan, berkonstruksi beton dan baja, kapasitas sekitar 600 orang. Gedung gereja GKI Maranatha Teminabuan diresmikan oleh Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan dan ditahbiskan oleh Ketua Badan Pekerja (BP) Am Sinode GKI di Tanah Papua  Pdt.Andrikus Mofu, M.Th bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekabaran Injil (PI) di Tanah Tehit ke-92 tahun.
 Prosesi peresmian dan pentahbisan gedung gereja diawali dengan ibadah di gedung gereja lama dan pemindahan peralaant sakramen dan administrasi ke gereja baru. Selanjutya pengguntingan pita oleh Gubernur PB Dominggus Mandacan menandai diresmikannya gedung gereja GKI Maranatha Teminabuan. Setelah itu penandatanganan prasasti oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Ketua BP Am Sinode GKI di Tanah Papua Pdt. Andrikus Mofu. Selanjutnya penyerahan kunci gedung gereja baru dari kepala tukang kepada Ketua Panitia Pembangunan Drs. Agustinus Saa, M.Si, diteruskan kepada Ketua Pelaksana Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKI Maranatha Teminabuan Pdt. Yohana Tetalepta, S.Th dan diberikan kepada Ketua Sinode GKI di Tanah Papua Pdt.Andrikus Mofu sebagai salah aset GKI Tanah Papua. Setelah itu Ketua Sinode Pdt. Andrikus Mofu didampingi seluruh Hamba Tuhan yang hadir mentahbiskan gedung gereja baru. Selanjutnya Ketua Sinode Pdt.Andrikus Mofu membuka pintu gereja untuk peralatan sakramen dan administrasi dibawa masuk dan jemaat memasuki gedung gereja untuk melanjutkan ibadah.
 Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE pada kesempatan tersebut menegaskan, gedung
gereja jemaat GKI Maranatha yang dibangun dengan megah dan indah turut mempercantik wajah kota Teminabuan dan menjadi ikon Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel).
 Sementara itu  Gubernur Dominggus Mandacan dalam sambutannya menegaskan,
pemerintah merupakan wakil Allah, sehingga sebagai warga gereja dan masyarakat patut tunduk kepada pemerintah dengan memberikan dukungan terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah. Baik itu program pembangunan dari pemerintah Provinsi Papua Barat maupun Kabupaten Sorsel.
 Peresmian gedung gereja ini dihadiri ribuan orang yang terdiri dari para pejabat pemerintah dari provinsi dan kabupaten/ kota se-Provinsi Papua Barat. Diantaranya Anggota DPR RI Dr.Michael Watimena, SE, MM; Ketua DPR PB Pieters Kondjol, SE,MA; Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE; Bupati Maybrat Drs. Bernard Sagrim, MM; Walikota Sorong Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.Si; Wakil Bupati Sorsel Drs. Martinus Salamuk; Sekda Sorsel Dance Y. Flassy, SE,M.Si, mantan Bupati Sorsel Drs. Otto Ihalauw, MA bersama ibu, para Hamba Tuhan dari BP Am Sinode GKI di Tanah Papua, Hamba Tuhan dan jemaat se-Klasis GKI Teminabuan serta undangan lainnya. (humas/julius)