Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Pimpinan OPD Tanda Tangan Kontrak Kinerja dengan Bupati
Senin, 11/02/2019 15:16 WIB

TEMINABUAN- Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli membuat kebijakan baru dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Bupati Samsudin Anggiluli bersama dengan seluruh Pimpinan OPD melaksanakan penandatanganan kontrak kinerja tahun 2019. Penandatanganan dilakukan baru-baru ini di Hotel Mratuwa Sesna usai apel bersama di halaman kantor Bupati Sorsel. Sebelum dilakukan penandatanganan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sorsel Yosias Tumana membacakan isi kontrak kinerja tersebut. Kontrak kinerja merupakan lembar atau dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah, untuk melaksanakan program atau kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Melalui kontrak kinerja, terwujudlah komitmen penerima amanat dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanat atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia. Penanatangangan kontrak kinerja dimulai dari Sekda Kabupaten Sorsel Dance Yulian Flassy, dan para Kepala Dinas, Kepala Badan, Para Kepala Distrik dan yang terakhir Bupati Sorsel. Sebelumnya Kepala BKPSDM Kabupaten Sorsel Nela Krenak, S.Sos.
 Bupati Samsudin Anggiluli pada kesempatan tersebut menjelaskan, penandatanganan kontrak kinerja tahun 2019, merupakan wujud nyata komitmen antara Bupati dan Pimpinan OPD untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja aparatur. Termasuk untuk menciptakan tolak ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur. Selain itu,  kontrak kinerja juga sebagai dasar penilaian keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan, sasaran organisasi, dan sebagai dasar pemberian penghargaan atau sanksi serta sebagai dasar bagi Bupati untuk melakukan monitoring, evaluasi dan supervisi atas perkembangan atau kemajuan Pimpinan OPD. Termasuk sebagai dasar dalam penetapan sasaran kinerja pegawai.
 Lanjut Bupati Samsudin Anggiluli, kontrak kinerja yang telah ditandatangani dan disaksikan bersama oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), mengandung konsekuensi dan tanggung jawab. Untuk itu pihaknya mengingatkan, bahwa apa yang dilaksanakan merupakan konsekuensi tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebuah komitmen. Dalam arti menjaminkan dirinya serta keahlianya dengan penuh tanggung jawab. Setiap 6 bulan sekali dilakukan evaluasi pencapain kinerja yang sudah disepakati. (humas/julius)