Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Kepala Staf TNI-AU dan Bupati Tanda Tangan MoU
Rabu, 06/03/2019 15:06 WIB

TEMINABUAN- Kepala Staf TNI-Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM yang berkunjung ke Teminabuan pada 16 Februari lalu untuk menyaksikan Napak Tilas Sejarah Operasi Serigala Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI-AU juga memandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Bupati Soronng Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE. Penandatanganan MoU dilaksanakan di pelataran Tugu Merah Putih Kampung Wersar Distrik Teminabuan. Nota kesepahaman atau MoU antara TNI-AU bersama Pemda Kabupaten (Pemkab) Sorsel Nomor 313/98/BSS/2019 dan Nomor 3/11/2019 mencantumkan bahwa Kabupaten Sorsel menjadi kabupaten binaan TNI-AU serta program percepatan pembangunan berbagai fasilitas yang bernilai sejarah kedirgantaraan antara lain pembangunan infrastruktur bersejarah yakni pembangunan Monumen Merah Putih dan Museum Perjuangan Trikora.

 


 Selain itu juga afirmasi generasi muda Sorsel pada lembaga pendidikan dan latihan TNI-AU termasuk Akademi TNI-AU, peringatan HUT Trikora setiap tahun, pengaktifan kembali bekas landasan terbang Belanda di Kampung Bariat dan Kampung Manelek Distrik Konda serta perggantian nama Kabupaten Sorsel menjadi Kabupaten Trikora. Komandan Pangkalan TNI-AU (Lanud) Manuhua Biak ditunjuk menjadi supervisi TNI-AU mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pengakhiran program serta melakukan pendampingan hingga terwujudnya usulan program yang telah disepakati.
 Kasau Yuyu Sutisna menjelaskan, bahwa dalam MoU tersebut telah tercantum butir yang menjelaskan TNI-AU akan membantu putra putri asal Papua Barat secara khusus Kabupaten Sorsel akan diupayakan menjadi anggota TNI AU mulai dari Taruna, Bintara maupun Tamtama. Biasanya dalam seleksi ini persaingannya sangat ketat, namun pihaknya akan melakukan pembinaan khusus bagi calon Taruna, Bintara maupun Tamtama tersebut dengan berbagai kemudahan akan diberikan, kecuali hal prinsip seperti kesehatan wajib harus dipenuhi. Pihaknya menginginkan ke depan Kabupaten Sorsel mempunyai seorang penerbang tempur. TNI-AU berkomitmen akan membantu pembangunan di Kabupaten Sorsel sesuai kapasitas yang dimiliki.
 Sementara itu Bupati Samsudin Anggiluli pada kesempatan tersebut menjelaskan, Pemkab Sorsel juga akan membangun situs sejarah ini menjadi Monumen Merah Putih sebagai lokasi tujuan wisata sejarah perjuangan bangsa. Dengan demikian akan membangkitkan sektor wisata yang sudah tentu akan meningkatkan perekonomian. Pemkab Sorsel yang membangun dan TNI-AU akan mensupervisi pelaksanaan pembangunan Monumen Merah Putih. (humas/julius)