Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Organisasi Wanita Peringati HUT Kartini ke-140
Sabtu, 27/04/2019 07:41 WIB

TEMINABUAN- Kaum wanita yang tergabung dalam berbagai organisasi wanita atau perempuan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) berkumpul bersama-sama memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Raden Ajeng (RA) Kartini ke-140 pada Rabu (24/4) lalu di Aula Koramil Teminabuan. Peringatan HUT Kartini ke-140 tahun 2019 baru dilaksanakan pada 24 April karena tanggal 21 April jatuh pada hari Minggu yang bertepatan dengan Peringatan Paskah bagi umat Kristiani. Peristiwa yang diperingati pada tanggal 21 April setiap tahun bagi kaum wanita Indonesia, bertujuan untuk mengenang hari lahirnya RA Kartini pada 1 April 1879 silam sekaligus perjuangannya atas hak-hak kaum wanita. Peringatan HUT RA Kartini melibatkan seluruh kaum wanita di Kabupaten Sorsel antara lain Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Gabungn Organisasi Wanita (GOW).serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan organisasi wanita lainnya. Hadir dalam Peringatan Hari Kartini antara lain Kapolres Sorsel AKBP Hans R. Irawan, S.IK, Wakil Bupati Drs. Martinus Salamuk, Danramil 1802-08/Teminabuan Mayor Inf. Irwan Suwarna, Ketua TP-PKK Ny. Beatriks Anggiluli, SE, Ketua GOW Ny. Dahlia Salamuk, Ketua DWP Ny. Juliantje Nauw, S.Pd dan utusan semua organisasi wanita di Kabupaten Sorsel.


 Peringatan Hari Kartini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan untuk mengenang jasa RA Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dalam berbagai aspek. Namun demikian dengan hasil perjuangan Kartini tidak menjadikan kaum perempuan meninggalkan kodratnya sebagai perempuan. Peringatan Hari Kartini juga bertujuan untuk mengingatkan kita tentang nilai-nilai perjuangan RA Kartini dan merupakan motivasi bagi perempuan masa kini untuk terus maju. Terobosan RA Kartini membuahkan hasil dan keuntungan bagi kaum perempuan Indonesia, sehingga  nilai perjuangannya perlu dijaga dan dilestarikan sampai ke generasi yang akan datang. Motto “Habis Gelap Terbitlah Terang yang diterjemahkan dalam bahasa Tehit  “Amri Wfot Tali Wacha mengajak kaum wanita untuk bersatu mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan. 


 Sementara itu Bupati  Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE pada kesempatan tersebut menjelaskan, RA. Kartini merupakan tokoh nasional Indonesia yang telah membawa perubahan perkembangan kemajuan bagi kaum perempuan saat ini. RA. Kartini dikenal sebagai tokoh pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada zamannya, karena saat itu kaum perempuan terkungkung dan mendapat tekanan dari kaum penjajah. Lewat cita-cita RA. Kartini, lanjutnya, saat ini kaum perempuan telah benar-benar bangkit dan terlibat dalam berbagai pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Hal ini dapat terlihat dengan adanya banyak kaum perempuan menduduki jabatan strategis dalam bidang pemerintahan, politik dan berbagai sektor pembangunan lainnya.


 Lanjut Bupati Samsudin Anggiluli, ada tiga perempuan hebat yang menduduki jabatan sebagai kepala dinas maupun badan di Pemerintah Kabupaten Sorsel. Ini menunjukan adanya pemerataan serta keterlibatan kaum perempuan dalam upaya membangun daerah Sorsel, serta merupakan realisasi atas visi misi daerah di bidang kesetaraan gender. Kaum perempuan bersama bapak-bapak harus melanjutkan cita-cita RA Karitini, dalam melanjutkan pembangunan bangsa dan lebih khusus pembangunan Kabupaten Sorong Selatan yang kita cintai bersama. (humas/julius)