Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Pimpin Pengambilan Sumpah Janji PNS
Rabu, 22/05/2019 14:25 WIB

TEMINABUAN – Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel) mengucapkan sumpah janji PNS di Gedung Majelis Pertimbangan (MP) Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) pada Senin (20/5) kemarin. Pengambilan sumpah janji tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE dengan didampingi para saksi dan rohaniawan. Pengambilan sumpah janji tersebut juga dihadiri oleh Wabup Drs.Martinus Salamuk serta seluruh pejabat di jajaran Pemkab Sorsel.


 Sebanyak 188 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan tenaga guru dan tenaga medis dengan tegas mengulangi sumpah janji yang dibacakan oleh Bupati Anas. Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Petronela Krenak, S.Sos pengambilan sumpah janji merupakan keharusan bagi PNS yang telah dilantik sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang dan peraturan pemerintah. “Setiap PNS wajib mengucapkan sumpah janji PNS agar sebagai abdi negara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.
 Para PNS yang melaksanakan pengambilan sumpah janji tersebut, lanjut Petronela merupakan hasil pengangkatan tenaga guru dan tenaga medis pada tahun 2018.


 Sementara itu Bupati Samsudin Anggiluli dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 188 CPNS yang hari ini telah diangkat menjadi PNS. Di luar sana banyak orang yang ingin menjadi PNS. Namun hanya sedikit yang bisa masuk. Saya harap PNS yang baru mengucapkan sumpah janji bisa menempatkan diri untuk mengabdi di Pemkab Sorsel dan harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan. Diharapkan PNS bisa menempatkan diri dan menjadi teladan bagi masyarakat. PNS tidak hanya sebagai subyek yang harus mengikuti aturan, namun di masyarakat juga harus menjadi sosok yang bisa diperhitungkan. Selain itu PNS juga harus mengikuti norma yang berlaku di masyarakat.
 Lanjut Bupati Samsudin Anggiluli, apabila PNS mengucapkan sumpah janji dengan setulus hati, maka itu harus dilakukan dalam bekerja yaitu dengan hati yang tulus. Mengingat PNS sebagai abdi negara dan abdi rakyat, apa yang negara minta maka harus dilakukan. Pihaknya juga menghimbau PNS tidak berhenti belajar dan meningkatkan ilmunya. Berkaitan dengan mengabdi kepada rakyat, berkaitan dengan bagaimana mensejahterakan rakyat, karena seorang PNS tugasnya adalah melayani masyarakat. Apa bila seorang PNS ada yang berbuat aneh-aneh, maka ingatlah dengan sumpah janji yang pernah diucapkan. Bekerjalah dengan hati dan semangat. Taat kepada negara dan pemimpin, serta selalu senyum dalam melayani masyarakat demi kesejahteraan rakyat. Selain itu PNS harus netral dalam politik dan dapat memberikan teladan yang baik di masyarakat. (humas/julius)

Berita Lainnya