Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Resmikan Klinik Konsultasi Pengawasan
Selasa, 11/06/2019 10:35 WIB

TEMINABUAN- Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE memberikan apresiasi atas inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Sorsel dalam upaya meningkatkan kinerja pemerintah daerah yang baik, dengan membentuk Klinik Konsultasi Pengawasan, guna menghindari pelanggaran terkait penyelenggaraan pemerintahan yang terjadi di Pemkab Sorsel. Menurutnya, keberadaan klinik konsultasi pengawasan Inspektorat Sorsel tersebut harus dimanfaatkan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kampung se-Kabupaten Sorsel serta instansi pemerintahan lainnya serta masyarakat Sorsel. Diharapkan penyelenggaran pemerintahan di Kabupaten Sorsel kedepan tidak menyimpang dari ketentuan hukum yang berlaku. Tentunya seluruh OPD termasuk Pemerintah Kampung se-Sorsel dapat memanfaatkan klinik konsultasi pengawasan, baik saat membuat perencanaan program kegiatan pembangunan, sedang berjalan dan selesainya pelaksanaan kegiatan tersebut. Demikian penegasan Bupati Samsudin Anggiluli saat meresmikan Klinik Konsultasi Pengawasan Pemerintahan Kabupaten Sorsel di Inspektorat akhir Mei lalu.


 Dijelaskan Bupati Samsudin Anggiluli, sudah menjadi tugas Inspektorat untuk meluruskan dan memberikan solusi kepada OPD, sehingga jika ada kesalahan administrasi tidak terulang lagi kedepan. Keberadaan layanan klinik konsultasi Inspektorat, akan memberikan masukan dan membantu memberikan solusi dari setiap kendala yang dihadapi OPD demi terselenggaranya kinerja pemerintahan yang baik. Klinik tersebut memberikan pelayanan konsultasi di bidang penyelenggaraan pemerintahan daerah/kampung dan membantu penyelesaian permasalahan lainnya. Selain itu juga memberikan pelayanan konsultasi untuk membantu penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI maupun Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)  dan memberikan asistensi atau pendampingan untuk membantu pelaksanaan program pengelolaan keuangan dan aset daerah/kampung, pembinaan sumber daya manusia dan percepatan penyelesaian permasalahan. Diharapkan melalui klinik konsultasi pengawasan, OPD menjadi bersikap aktif untuk berkonsultasi dengan Inspektorat ketika menemui keragu-raguan dalam administrasi ataupun pengelolaan keuangan.


 Peresmian ruang pelayanan klinik konsultasi pengawasan bagi OPD pemerintah desa tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Bupati Samsudin Anggiluli dan dilannjutkan peninjauan ruang pelayanan klinik. Turut disaksikan Wakapolres Sorsel Kompol Bidik Risalady, SE; Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong Djino Dian Talakua, SH, MH dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sorsel. (humas/julius)

Berita Lainnya