Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Wakil Bupati Lepas 8 Peserta Program ADik
Kamis, 01/08/2019 11:47 WIB

TEMINABUAN- Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) tahun 2019 ini mengirimkan 8 orang siswa lulusan SMA menjadi peserta program afirmasi pendidikan tinggi (Adik), yang akan disekolahkan di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama yang ada di Indonesia. Kedelapan siswa tersebut dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk baru-baru di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Afirmasi pendidikan tinggi tersebut merupakan program Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua Barat (UP4B), untuk menyekolahkan anak-anak Papua di sejumlah PTN dan PTS di luar Papua. Siswa peserta afirmasi pendidikan tinggi tersebut akan kuliah di PTN unggulan dan PTS ternama yang ada di sejumlah kota studi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

 Kedelapan siswa tersebut antara lain Yanti Sremere lulusan SMAN 1 Teminabuan, Oktovianus Duwit lulusan SMA YPK Teminabuan dan Monyke Eramury lulusan SMAN Inanwatan. Selanjutnya Petrus Segetmena dan Rudi.H.Saman yang merupakan lulusan SMAK Paulus Bandung, Isak Kaisala lulusan SMAK Hidup Baru, Beatrik Fugida lulusan SMA Plus Artha Annas dan Susan Orain lulusan SMAN 6 Bogor. Kelima orang siswa tersebut merupakan alumni afirmasi pendidikan menenganh (Adem) yang melanjutkan pendidikan menengah atas atau SMA di pulau Jawa dan kembali ke Teminabuan untuk melanjutkan studi melalui program afirmasi pendidikan tinggi. Satu di antaranya kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Program Studi Teknik Nuklir yakni Petrus Segetmena. Biaya pendidikan dan pemondokan langsung ditangani pemerintah pusat melalui Kementrian Ristek dan Dikti.

 Pada kesempatan tersebut Wabup Martinus Salamuk meminta siswa peserta afirmasi pendidikan tinggi untuk belajar dengan tekun selama mengikuti kuliah di Pulau Jawa ataupun Pulau Sumatera. Perkuliahan di daerah tersebut berbeda dengan di tanah Papua, sehingga dibutuhkan kerja keras untuk menyesuaikan. Pemkab Sorsel menaruh harapan besar kepada kedelapan siswa tersebut untuk kembali mengabdi di Kabupaten Sorsel membangun masyarakat dan mewujudkan visi Kabupaten Sorsel yakni mewujudkan masyarakat Sorsel yang sehat, cerdas, unggul, sejahtera dan berkeadilan gender. Selain itu juga siswa peserta afirmasi pendidikan menengah diminta untuk bersosialisasi dengan mahasiswa dari daerah lainnya. Masing-masing orang menjaga diri dan menjauhkan diri dari hal-hal negatif. (humas/julius)

Berita Lainnya