Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

KPU Serahkan Berkas Caleg Terpilih
Rabu, 04/09/2019 14:37 WIB

TEMINABUAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menyerahkan berkas calon legislatitf (Caleg) terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Kabupaten Sorsel dalam Pemilihan Umun (Pemilu) tahun 2019 baru-baru ini di ruang rapat kantor Bupati Sorsel. Penyerahan dilakukan oleh Ketua KPU Sorsel Ester Homer, SE kepada Wakil Bupati (Wabup) Sorsel Drs.Martinus Salamuk.
 Ketua KPU Sorsel Ester Homer menjelaskan, penyerahan berkas caleg terpilih anggota DPRD dalam Pemilu 2019 Kabupaten Sorong Selatan periode 2019 - 2024 sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU (PKPU) dan ketentuan UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU No.5 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umumpasal 37 ayat 1,2,3 dan 4 bahwa setelah ditetapkan sebagai caleg terpilih wajib menyampaikan Laporan Harta Kekayaan (LHK) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan hasilnya disampaikan kepada KPU,.maka KPU wajib menyerahkan berkas caleg terpilih yang telah melaporkan LHK disertai bukti tanda terima kepada Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten/kota untuk selanjutnya diserahkan kepada Gubernur, guna persiapan pelantikan. Keperluan persiapan pelantikan diserahkan kepada Pemkab Sorsel untuk selanjutnya berkordinasi dengan Gubernur Papua Barat.


 Sementara itu Wabup Martinus Salamuk menjelaskan, berkas berkas caleg terpilih anggota DPRD Kabupaten Sorong Selatan periode 2019 2024dalam Pemilu tahun 2019 telah melalui sejumlah tahapan yang begitu panjang yakni sejak tahun 2018 lalu. Pemkab Sorsel akan meneruskan kepada Gubernur Papua Barat untuk pelaksanaan pelantikan anggota DPRD Kabupaten Sorsel periode 2019-2024. Pihaknya berterima kasih kepada KPUD dan Bawaslu Sorsel, Sekretariat KPUD dan Sekretariat Bawaslu yang telah bekerja keras melaksanakan Pilpres dan Pileg 2019 dengan baik dan sukses. Dengan jumlah caleg sekitar 300 dan tantangan yang berat, namun KPU telah melaksanakan tugas dengan baik sesuai aturan dan melalui prosedur hukum dan lain sebagainya, sehingga kini telah masuk tahap akhir. Pihaknya akan menyerahkan kepada Sekda, Sekwan, Asisten I bidang Pemerintahan Setda, Kesbangpol dan Kabag Hukum, untuk menindaklanjutinya. Selanjutnya menunggu Surat Keputusan Gubernur untuk mempersiapkan pelantikan.
 Hadir dalam acara tersebut antara lain Sekda Dance Yulian Flassy, SE, M.Si; Asisten III bidang Administrasi Umum Setda HM Aris SKM, M.MKes, Staf Ahli Bupati bidang Keuangan Drs.Aleksander Homer, Kabag Hukum Theo H Thesia, SH, MH; Kabag Ortal Benyamin Duwith serta sejumlah Komisioner KPU. (humas/julius)