Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Kerjasama Kantor Pertanahan Percepat Sertifikasi Aset Tanah
Rabu, 02/10/2019 14:16 WIB

TEMINABUAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorsel menjalin kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Kerjasama antara kedua lembaga tersebut diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sorsel Margaretha Kipuw, SH baru-baru ini di lapangan apel kantor Bupati Sorsel bersamaan dengan pelaksanaan apel pagi. Kerjasama yang dilakukan ini untuk mempercepat proses sertifikasi aset tanah Pemkab Sorsel yang belum ada sertifikatnya. Kerjasama ini juga untuk menyelesaikan permasalahan tanah yang belum terselesaikan oleh Pemkab Sorsel. Diharapkan kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini benar-benar bisa membantu menyelesaikan permasalahan tanah yang ada serta mempercepat penangangan persoalan tanah milik pemerintah khususnya dalam percepatan registrasi aset tanah milik Pemkab Sorsel.


 Sementara itu Bupati Samsudin Anggiluli pada kesempatan tersebut menjelaskan, aset tanah Pemkab Sorsel berjumlah 179 bidang tanah. Namun yang sudah memiliki sertifikat tanah dan tercatat di Kantor Pertanahan Kabupaten Sorsel hanya 26 bidang tanah, yang lainnya belum tercatat atau terregisrtrasi di Kantor Pertanahan. Untuk itulah Pemkab Sorsel bekerja sama dengan Kantor Pertanahan untuk mempercepat proses sertifikasi aset tanah pemerintah yang belum tercatat. Pihaknya berharap dengan adanya kerjasama tersebut, aset Pemkab Sorsel berupa tanah dapat diregistrasi dengan teratur dan baik. Karena nilai aset untuk tanah cukup besar. Apalagi saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang berupaya mencegan terjadinya korupsi dengan penataan atau penertiban aset Pemdab, termasuk aset berupa tanah.
 Usai penandatanganan MoU, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sorsel Margaretha Kipuw menyerahkan 2 buah sertifikat hak milik tanah kantor Distrik Konda dan SMPN 2 Wayer kepada Bupati Samsudin Anggiluli, SE. (humas/julius)

Berita Lainnya