Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Kementerian Desa Bantu Mesin Pengolahan Umbi
Jumat, 25/10/2019 12:59 WIB

TEMINABUAN-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi ikut mendukung peningkatan pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam mendukung agrowisata di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Dukungan tersebut melalui alih teknologi tepat guna (TTG) dengan memberikan bantuan berupa peralatan mesin pengolahan umbi-umbian seperti keladi dan pisang kepada kelompok tani. Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur untuk membuat mesin pengolahan umbi atau keladi tersebut. Peralatan mesin pengolahan umbi sebanyak 4 paket tersebut diserahkan kepada 4 kelompok tani.

 

Bantuan mesin pengolahan umbi tersebut diserahkan oleh pihak UPN Veteran kepada kelompok tani melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel) Senin (30/9) lalu di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian. Diharapkan dengan mesin pengolahan tersebut komoditi keladi petani mempunyai nilai tambah karena sudah diolah menjadi berbagai produk seperti keripik dan lain sebagainya. Apalagi mesin pengolahan umbi ini dapat menghilangkan kadar air keladi atau umbi lainnya, sehingga keripik yang dihasilkan benar-benar renyah.


 Penyerahan bantuan ditandai dengan penandatanganan berita acara yang disaksikan langsung oleh Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE. Selanjutnya pihak UPN Veterab Jawa Timur menyerahkan peralatan mesin pengolahan umbi secara simbolis kepada Bupati Samsudin Anggiluli dan selanjutnya Bupati Samsudin Anggiluli menyerahkan kepada ketua kelompok tani. Sebelum penyerahan bantuan peralatan, teknisi dari UPN Veteran Jatim melatih kelompok tani menggunakan mesin pengolahan umbi tersebut sekaligus menghasilkan produk yang siap dinikmati. Pada kesempatan tersebut juga disajikan produk olahan sagu menggunakan mesin pengolahan tersebut. Bahkan Bupati Samsudin Anggiluli menikmati bahan makanan yang dihasilkan menggunakan mesin pengolahan tersebut. (humas/julius)