Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

TNI-AU Serahkan Buku Heroisme Komando PGT
Rabu, 04/12/2019 12:55 WIB

TEMINABUAN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) menerbitkan buku Heroisme KOmando Pasukan Gerak Tjepat (PGT) TNI-AU dalam Operasi Serigala, untuk mengibarkan bendera Merah Putih pertama kali di tanah Papua tepatnya di Kampung Wersar, Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan. Mengingat anggota PGT yang merupakan cikal bakal Komando Pasukan Khas (Paskhas) TNI-AU diterjunkan pada 19 Mei 1962 lalu di Kampung Wersar, Teminabuan dengan nama sandi Operasi Serigala untuk mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangka Operasi Trikora atau pembebasan Irian Barat ketika itu. Semangat kepahlawanan atau heroisme anggota PGT TNI-AU itulah yang membuat Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM memerintahkan stafnya menyusun buku tentang penerjunan PGT di Teminabuan dalam rangka Operasi Trikora. Buku tersebut telah diterbitkan oleh TNI-AU dan diserahkan sebagian kepada Pemkab Sorsel.
 Penyerahan buku Heroisme PGT tersebut diserahkan saat Upacara Hari Pahlawan baru-baru ini di Lapangan Upacara kantor Bupati Sorsel. Sekda Kabupaten Sorsel Dance Yulian Flassy, SE, M.Si mewakili TNI-AU menyerahkan buku Heroisme PGT dalam Operasi Serigala Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Teminabuan, Sorong Selatan kepada Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Turut menyaksikan penyerahan buku Heroisme PGT tersebut antara lain Wakapolres Sorsel Kompol Tutur Opusunggu, S.Sos; Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1802 Sorong di Teminabuan Mayor.Inf.Antonius Sigala dan peserta upacara.
 Sekda Dance Flassy saat menyerahkan buku Heroisme PGT tersebut menyampaikan pesan dari KSAU yang intinya menegaskan bahwa pengibaran bendera Merah Putih pertama kali di tanah Papua di tanah Tehit. Kiranya buku tersebut dapat menjadi muatan lokal bagi seluruh generasi Sorsel. TNI-AU juga akan membangun Monumen Tugu Merah Putih di lokasi pendaratan bendera Merah Putih pertama di tanah Papua tepatnya di Kampung Wersar.
 Sementara Wabup Sorsel Martinus Salamuk mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan secara khusus Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM yang telah menerbitkan buku Heroisme PGT tersebut. (humas/julius)

Berita Lainnya