Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Luncurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai
Rabu, 04/12/2019 13:16 WIB

TEMINABUAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel) melalui Dinas Sosial meluncurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Teminabuan belum lama ini. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorsel Saul Salamuk, S.Sos, M.Si menjelaskan di Kabupaten Sorsel ada 1663 keluarga penerima manfaat (KPM) BPNT atau penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang tersebar di 15 distrik atau kecamatan. Bantuan Sosial Pangan Non Tunai ini langsung ditransfer melalui rekening bank kepada KPM untuk membeli beras. Satu bulan setiap KPM menerima BPNT sebesar Rp110.000, dengan sistem penyaluran setiap bulan mengunakan (KKS) pada e – Warung yang sudah tersedia mesin EDC atau ATM mini Bank BRI.


 Peluncuran BPNT di Kabupaten Sorsel ditandai dengan penyerahan beras dan KKS secara simbolis kepada KPM atas nama Ny.Mince Wugaje/Youw, bertempat di kantor BRI Unit Teminabuan Senin lalu. Anggota Satgas BPNT akan mengawal penyaluran BPNT pada setiap penarikan di pusat-e-warung, sehingga tidak ada indikasi ada kolusi atau manipulasi data. Sebelum KPM mendapatkan KKS dan buku tabungan, merekaharus menyiapkan fotokopi KTP dan KK untuk diverifikasi. Pengawasan penyaluran BPNT tersebut berdasarkan penandatangan nota kesepahaman atau kerjasama antara Kementrian Sosial RI dan Kapolri RI di Jakarta baru-baru ini. Bersamaan dengan peluncuran BPNT tersebut juga diserahkan buku tabungan dan ATM BRI kepada KPM dari Distrik Salkma sebanyak 37 orang.


 Sementara itu Kordinator BPNT Kabupaten Sorsel Oktovianus Asikasau menambahkan, tenaga pendamping tingkat kecamatan (TKSK) dapat memasang spanduk di setiap e-Warung supaya setiap KPM langsung menuju e-Warung tersebut untuk melakukan transaksi. Bantuan sosial ini kecil nilainya. Tidak ada dukungan dana tarnsportasi dari Pemkab Sorsel untuk KPM dari kampung datang ke e-Warung untuk ambil beras dan telur selanjutnya pulang kembali ke kampong. Untuk itulah KPM berharap Pemkab Sorsel menyiapkan dana sharing untuk mendukung program BPNT ini sesuai Surat Edaran Mendagri kepada Bupati/Walikota seluruh Indonesia. (humas/julius)

Berita Lainnya