Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Pimpinan DPRD Periode 2019-2024 Resmi Dilantik
Jumat, 20/12/2019 10:03 WIB

TEMINABUAN-Tiga orang pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Periode 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpah janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Sorong Masduki, SH. Pelantikan berlangsung di ruangn sidang paripurna gedung DPRD Sorsel Selasa (17/12) lalu. Tiga orang pimpinan DPRD yang dilantik terdiri satu orang ketua dan dua orang wakil ketua berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Papua Barat Nomor: 170/257/11/2019 tentang Peresmian dan Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Sorsel Masa Jabatan 2019-2024. Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Papua Barat oleh Sekretaris DPRD Sorsel Aleksander Duwit, SH, MA setelah itu dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji jabatan. Ketiga orang Pimpinan DPRD adalah Martinus Maga, S.Sos sebagai  Ketua dari PDIP, Jevries N. Kewetare, SP, MAP sebagai Wakil Ketua dari Partai Golkar, Bartholomeus Dorowe sebagai Wakil Ketua dari Partai Hanura. Setelah itu dilanjutkan dengan serah terima tugas dari Ketua Sementara DPRD Albert Kaliele, SE kepada Ketua defenitif DPRD Sorsel Martinus Maga, S.Sos.


 Ketua DPRD Martinus Maga dalam pidato perdananya mengharapkan dukungan seluruh anggota DPRD dan stakeholder bersama-sama memberikan kontribusi dalam terlaksananya fungsi DPRD di bidang penganggaran, pengawasan dan legislasi. Tugas utama yang akan dijalankan ke depan, yaitu pembentukan alat kelengkapan Dewan yang belum diselesaikan dan pembahasan APBD Sorsel tahun 2020. "Sebagai DPRD yang adalah mitra pemerintah, kita akan sama-sama membangun Sorong Selatan untuk lima tahun mendatang," jelasnya.


 Sementara itu Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE, MAP mengungkapkan, melalui pengesahan dan pelantikan Pimpinan defenitif DPRD tersebut, diharapkan segera membentuk alat kelengkapan Dewan. Mengingat anggota DPRD dan Pemerintah akan membahas Rancangan APBD 2020. Dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, Pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara pemerintah daerah dan anggota DPRD melalui mekanisme konsultasi. Hal ini sesuai dengan prinsip dasar dalam hubungan kerja antara kepala daerah dan DPRD yaitu bahwa kebijakan mengenai uang, orang, barang dan tata ruang harus dibicarakan antara kepala daerah dengan DPRD sebagai wakil rakyat.
 Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji Pimpinan DPRD tersebut dihadiri anggota DPRD, Wakil Bupati Drs.Martinus Salamuk, SE; Pimpinan OPD, Forkopimda, keluarga dan kerabat tiga orang Pimpinan DPRD dan undangan lainnya. (humas/julius)

Berita Lainnya