Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Lantik 119 Kepala Kampung
Senin, 17/02/2020 15:27 WIB

TEMINABUAN-Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE, MAP melantik 119 kepala kampung defenitif Jumat (7/2) lalu di lapangan upacara Pemkab Sorsel. Kepala kampung yang dilantik merupakan hasil pemilihan kepala kampung serentak pada  bulan Desember 2019 lalu. Pelantikan kepala kampung tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Sorsel nomor 100/47/BSS/I/Tahun 2020 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Kampung Devenitif di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorsel tertanggal 27 Januari 2020. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan SK Bupati Sorsel, selanjutnya pengambilan sumpah janji jabatan serta penyematan tanda jabatan. Rohaniawan Kristen dan Islam mendampingi kepala kampung saat pengambilan sumpah janji jabatan oleh Bupati Samsudin Anggiluli dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Setelah itu pembacaan naskah pelantikan dan dilanjutkan penyematan tanda jabatan. Bupati Samsudian Anggiluli menyematkan tanda jabatan 119 kepala kampung secara langsung, tidak secara simbolis.


 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, pelantikan kepala kampung ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 tentang Desa dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 112 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa Secara Langsung. Masyarakat telah memilih kepala kampung secara demokratis dan sudah resmi dilantik. Pakaian kebesaran kepala kampung dan lambang garuda pada tanda jabatan merupakan amanat yang diberikan negara dan masyarat dalam menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan masyarakat di kampung masing-masing. Masa jabatan kepala kampung selama 6 tahun. Pemda akan mendorong kepala kampung melaksanakan otonomi kampung seluas-luasnya supaya dapat membangun kampungnya di segala bidang. Untuk itulah setiap kampung harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK) sebagai pedoman pembangunan kampung.


 Lanjut Bupati Samsudin Anggiluli, pemerintah dan masyarakat harus bangga karena di seluruh tanah Papua, hanya Kabupaten Sorsel yang melaksakan pemilihan kepala kampung secara serentak dan berjalan sukses, hingga pelaksanaan pelantikan kepala kampung devenitif. Untuk itulah pihaknya mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala kampung secara serentak berjalan dengan aman dan lancar. Meskipun ada masalah itu merupakan dinamika dan dapat diatasi dengan baik. Untuk itulah pihaknya juga mengapresiasi kepala distrik, tokoh masyarakat dan masyarakat kampung yang telah mendukung penyelenggaraan pemilihan kepala kampung, sehingga berjalan aman dan sukses. Tidak ketinggalan peran Panitia Pemilihan  Kepala Kampung yang dipimpin oleh Asisten I Tata Pemerintahan Setda Yoseph Bless, SH, MH sangat besar sehingga pemilihan kepala kampung serentak dan pelantikan berjalan dengan aman dan lancar. 
 Hadir dalam pelantikan kepala kampung Wakil Bupati (Wabup) Sorsela Drs.Martinus Salamuk, Wakapolres Sorsel Kompol T. Opusunggu, Sekda Sorsel Dance.Y. Flassy, SE, M.Si serta Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sorsel dan tamu undangan lainnya. Kabag Bina Pemerintahan Distrik, Kelurahan dan Kampung Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat (PB) Nimbrot Idie, S.Sos juga hadir mewakili Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat. Tidak ketinggalan masyarakat dari setiap kampung hadir untuk menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut. (humas/julius)
.

Berita Lainnya