Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Serahkan DPA OPD TA 2020
Senin, 17/02/2020 15:32 WIB

TEMINABUAN- Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE, MAP menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (DPA-OPD) tahun anggaran (TA) 2020. DPA tersebut diserahkan secara simbolis kepada 5 perwakilan Pimpinan OPD di Hotel Mratuwa, Sesna Jumat (7/2) lalu. Sebelum penyerahan DPA-OPD, setiap Pimpinan OPD wajib menandatangani Pakta Integritas. Perwakilan Pimpinan OPD yang menerima DPA-OPD antara lain Sekda Dance Yulian Flassy, SE, M.Si; Kepala Bappeda Dance Nauw,SP, M.Si; Kepala Dinas Ketahanan Pangan Leonard Momot, S.Pt; Kepala Distrik Kais Yulius Keba dan Kepala Distrik Seremuk Maria Kemesrar. Bupati menyerahkan DPA-OPD Setda. Selanjutnya Bupati Samsudin Anggiluli memberikan kesempatan kepada Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk menyerahkan DPA-OPD Bappeda, Wakil Ketua II DPRD Bartlomeus Dorowe menyerahkan DPA-OPD Dinas Ketahanan Pangan, Kabag Ops Polres menyerahkan DPA-OPD Distrik Kais dan Danramil Teminabuan menyerahkan DPA-OPD Distrik Seremuk. "DPA merupakan dokumen yang tidak hanya dilaksanakan dan dibelanjakan. Tapi untuk dipertanggungjawabkan secara sungguh-sungguh. Dengan prinsip efektif dan efisien untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat," tegas Bupati Samsudin Anggiluli.


 Dijelaskan Bupati Samsudin Anggiluli, penyerahan DPA merupakan dokumen operasional untuk melaksanakan program dan kegiatan. Sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan APBD TA 2020. Penyerahan DPA bagian dari upaya percepatan pelaksanaan berbagai program kerja 2020. Pimpinan OPD selaku pengguna anggaran harus selalu memegang teguh prinsip pengelolaan keuangan daerah yang baik, taat pada aturan, proporsional, efektif, efisien, transparan, dan bertanggung jawab. Dengan menjunjung tinggi asas manfaat dan berorientasi pada hasil untuk kesejahteraan masyarakat. Setiap OPDharus mempunyai rencana kerja, kebijakan merealisasikan program dan kegiatan sehingga target kinerja dapat terlaksana tepat waktu dan tepat sasaran. Dengan demikian penyerapan anggaran dapat terlaksana lebih cepat dan tidaak menumpuk di akhir tahun.

"Untuk itu semua Pimpinan OPD segera mempersiapkan kegiatannya, supaya segera dilaksanakan karena masyarakat sudah menunggu dan sangat mengharapkan. Kalau program dan kegiatan segera dilaksanakan, maka uang segera beredar di Kabupaten Sorsel yang memacu pertumbuhan ekonomi. (humas/julius)

Berita Lainnya