Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Pemda Hibahkan Dana Pengamanan Pilkada
Rabu, 08/04/2020 08:02 WIB

TEMINABUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel) memberikan dana hibah sebesar Rp.7 Milyar kepada Polres Sorsel. Dana hibah tersebut merupakan dana pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sorsel tahun 2020. Pemberian dana hibah tersebut ditandai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Sorsel oleh Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE, MAP dengan Polres Sorsel oleh Kapolres Sorsel AKBP Sahat Maruli Hamonang Siregar, SH baru-baru ini di ruang rapat rumah jabatan Bupati Sorsel.


 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, sesuai amanat Undang Undang pembiayaan Pilkada ditanggung sepenuhnya oleh daerah yang melaksanakan Pilkada. Untuk itulah pada tahun 2019 lalu Pemkab Sorsel telah menyerahkan dana hibah daerah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorsel untuk keperluan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020. Selanjutnya tahun 2020 ini telah Pemkab Sorsel menyerahkan dana hibah daerah kepada Bawaslu dan Polres Sorsel. Pihaknya berharap pengamanan Pilkada di Kabupaten Sorsel menjadi perhatian bagi semua pihak, sehingga daerah ini aman dan damai serta tidak membahayakan siapapun di Kabupaten Sorsel. Sehubungan dengan itu Pemkab Sorsel akan mendukung program pengamanan Polisi maupun TNI. Pesta demokrasi ini sangat perlu di-backup oleh TNI/Polri agar pelaksanaan Pilkada berlangsung dengan aman dan sukses.
 Bupati Samsudin Anggiluli mengharapkan, dana hibah yang diserahkan ke KPU, Bawaslu dan Polres Sorsel dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan. Mengingat tahun 2020 ini Pemkab Sorsel membiayai sejumlah agenda besar antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Papua Barat di Kabupaten Sorse, Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua yang berlangsung di Kabupaten Sorsel, keikutsertaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) se-Tanah Papua di Timika dan Pilkada. Oleh karena itu dana hibah daerah tersebut disesuaikan kemampuan keuangan daerah. Hingga saat ini belum ada informasi terkait penundaan Pilkada, yang ada hanya penundaan tahapan Pilkada. Dengan demikian persiapan Pilkada tetap dilaksanakan.
 Sementara itu Kapolres Sahat Siregar menegaskan, tanggung jawab kita bersama mengamankan Pilkada Kabupaten Sorsel tahun 2020. Pemkab Sorsel telah memberikan dukungan dalam bentuk dana hibah daerah. Dengan kerja sama Pemda, stakeholder, TNI/Polri, tokoh masyarakat dan warga masyarakat, pengamanan Pemilukada dapat berjalan dengan baik. Hadir dalam acara penandatanganan NPHD tersebut antara lain Staf Ahli Bupati bidang Sosial Budaya Yakob Thesia, S.Pd; Asisten III bidang Administrasi Umum Setda HM Aris, SKM, M.MKes; Kepala Bappeda Dance Nauw, SP, M.Si; Kepala BPKAD Frans Kewetare, SE, MAP dan Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Hengky Saflafo, SIP, MAP. (humas/julius)

Berita Lainnya