Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Dinas Kominfo Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat
Rabu, 23/09/2020 13:05 WIB

TEMINABUAN-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kampung Keyen, Distrik Teminabuan dan Kampung Sodrofoyo, Distrik Sawiat baru-baru ini di kantor kampung masing-masing. Pembentukan KIM berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo RI No.8/2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Kelompok Komunikasi Sosial Pedesaan yang disebut KIM.


 Kepala Dinas Kominfo Sorsel Nimrod Nauw saat membuka kegiatan berharap masyarakat dapat memilah informasi yang diterima. Masyarakat harus pandai menyaring mana berita yang benar dan yang tidak benar atau hoax. Setelah terbentuk, KIM dapat menjaring informasi dari masyarakat, salah satunya informasi untuk mengmbangkan produksi ekonomi kreatif.


 Usai arahan, dilanjutkan pemaparan materi tentang KIM oleh narasumber Julius Samallo sekaligus membentuk KIM. Kepengurusan KIM yang telah terbentuk akan disahkan dengan penerbitan Surat Keputusan (SK) oleh Kepala Dinas Kominfo. KIM dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya mengelola informasi dan memberdayakan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. Perannya sebagai penyebar informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan jembatan informasi antara pemerintah dan masyarakat. Dengan adanya KIM diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi, berdisukusi hingga memecahkan berbagai masalah yang dihadapi bersama-sama. (humas sorsel)

Berita Lainnya